UMY Kembali Berikan Beasiswa Kedokteran 5 Santri Ponpes dan Panti Asuhan Muhammadiyah/Aisyiyah

Juli 15, 2013 oleh : BHP UMY

5 mahasiswi kedokteran yang mendapatkan beasiswa dari UMY

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) tahun ini kembali memberikan beasiswa penuh kepada 5 orang calon mahasiswa UMY. Kelima orang tersebut akan memperoleh beasiswa secara penuh selama masa perkuliahannya di program studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UMY. Beasiswa tersebut secara langsung diberikan oleh rektor UMY Prof. Dr. Bambang Cipto, MA melalui SK Rektor UMY Nomor: 172/SK-UMY/VII/2013 pada acara Pengajian Ramadhan 1434H Pimpinan Pusat Muhammadiyah di kampus UMY, Sabtu sore (13/7).

Bambang Cipto didepan peserta Pengajian mengungkapkan para penerima beasiswa itu sebelumnya telah melalui proses seleksi yang ketat dan diperuntukkan bagi masyarakat yang kurang mampu. “Kami akan menyerahkan SK kepada mahasiswa yang telah kami seleksi, dari 60 orang akhirnya kami mengundang 5 orang calon yang akan dibiayai sampai lulus. Kami pilih dari calon mahasiswa yang kurang mampu dengan sangat selektif sekali dan akan dibiayai sampai menjadi dokter” katanya.

Pemberian beasiswa ini, kata Bambang Cipto, telah memasuki tahun ketiga dimana pada tahun sebelumnya secara berturut-turut pihaknya telah memberikan beasiswa serupa kepada tiga orang pada tahun pertama dan lima orang pada tahun kedua. Ia mengaku beasiswa yang diperuntukkan bagi kader Muhammadiyah yang berasal dari Pondok Pesantren Muhammadiyah dan Panti Asuhan Muhammadiyah/Aisyiyah tersebut diberikan untuk kejayaan Islam dan Muhammadiyah dimasa depan. “Beasiswa ini kami berikan untuk kejayaan Islam dan Muhammadiyah di Indonesia” tambahnya.

Sementara itu Dekan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UMY dr. Ardi Pramono, Sp. An., M.Kes mengatakan, kelima penerima beasiswa ini nantinya harus dapat mengabdi kepada Muhammadiyah khususnya di Rumah Sakit milik Muhammadiyah yang masih kekurangan dokter berlatar belakang Muhammadiyah. “Insya Allah setelah lulus bisa mengabdi pada Muhammadiyah. Bisa di PP atau di daerah banyak Rumah Sakit Muhammadiyah untuk mengisi kekosongan dokter Muhammadiyah” jelasnya.

Kelima nama penerima beasiswa yang semuanya perempuan tersebut adalah, Himatul Mahmudah (Ponpes At-Taqwa Muhammadiyah Kranji Paciran Lamongan), Fauziyah Rifdah Dhia Rani (PAY Aisyiyah Dhuafa Muhammadiyah Sempor Kebumen), Arifah Azizah (PAY Aisyiyah Dhuafa Muhammadiyah Sempor Kebumen), Anastasari (Ponpes Yatim Muhammadiyah Al-Maun Kasihan Bantul), dan Rizka Ulfatin Arifah (PA Muhammadiyah Candimulyo Magelang). Beasiswa kepada lima orang itu nantinya akan dibreikan dalam bentuk biaya perkuliahan, uang buku, biaya penelitian, hingga biaya hidup.

Fauziyah Rifdah Dhia Rani, Salah satu penerima beasiswa penuh tersebut mengaku sangat senang bisa menjadi penerima beasiswa dari UMY itu. Fauziah mengatakan dirinya sejak keil bercita-cita menjadi dokter. “Alhamdulillah senang sekali. Bagaimanapun juga saya sudah lama sejak SD ingin jadi dokter. Tujuannya ingin bantu orang banyak.” Ungkapnya gembira.