UMY Kembali Adakan Student Fair

September 10, 2015 oleh : BHP UMY

IMG_9005Untuk menampung aspirasi mahasiswa dan sebagai wadah kegiatan mahasiswa, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) mempunyai berbagai Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) serta Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), yang kemudian menjadi sebuah wadah untuk mengembangkan kemampuan bagi setiap mahasiswa dalam bidang non akademik. Sebagai bentuk pengenalan berbagai Lembaga Kemahasiswaan dan UKM tersebut kepada mahasiswa baru (maba), UMY mengadakan Student Fair 2015 yang pada tahun ini mengangkat tema “Kebudayaan Nusantara”. Acara tersebut juga sebagai ajang promosi bagi UKM dan BEM kepada mahasiswa baru, kegiatan yang akan berlangsung sejak tanggal 10 September sampai dengan 12 September tersebut bertempat di Plaza Bintang UMY.

Pembukaan acara ini dilangsungkan pada Kamis (10/9) yang dibuka secara langsung oleh Prof. Dr Bambang Cipto, MA, selaku rektor UMY. Dalam sambutannya Prof. Bambang mengungkapkan, dengan diselenggarakannya Student Fair yang ke 3 ini diharapkan dapat dimanfaatkan mahasiswa baru dengan baik, karena pada dasarnya aktifitas mahasiswa di kampus tidak hanya menuntut ilmu atau belajar, namun juga mengikuti berbagai organisasi dan lembaga kemahasiswaan yang dapat membantu mahasiswa dalam melakukan pengembangan diri.

“Saya berharap rekan-rekan mahasiswa dapat terjun mengikuti berbagai organisasi dan kelembagaan mahasiswa yang dimiliki oleh UMY, karena dengan mengikuti kegiatan tersebut mahasiswa akan dapat melatih kepemimpinan dan bersosialisasi,”ungkapnya. Ditambahkan Prof. Bambang, persiapan mahasiswa untuk menghadapi tantangan dunia pekerjaan nantinya setelah lulus dari kuliah salah satunya yaitu dengan mengikuti organisasi, karena dengan mengikuti organisasi, mahasiswa dapat melatih manajemen waktu, dan sebagai wujud persiapan mental dalam menghadapi dunia kerja nantinya. “Menjadi mahasiswa tidak hanya kuliah, dan pulang ke kos saja, namun cobalah untuk mengikuti organisasi, karena persiapan ketika nanti di dunia kerja tersebut dapat dilatih dengan mengikuti organisasi,” tambahnya.

Sebagai wujud meningkatkan integritas, serta kemampuan softskill mahasiswa atas hal itu penting di adakannya student fair, yang merupakan langkah awal mahasiswa dalam menjalani kehidupan di kampus. Hal tersebut diungkapkan Zainudin Arsyad selaku Presiden BEM UMY. “Sebentar lagi kita akan menghadapi pasar bebas Asean Community, untuk menghadapi tantangan tersebut sebagai mahasiswa perlu bekal yang cukup matang, salah satu manfaat dalam megikuti kegiatan kemahasiswaan kita akan mendapatkan ilmu baru diluar dari bidang akademik yang kita dapatkan di kelas perkuliahan,” ucapnya.

Dalam acara Student Fair ini turut pula diramaikan dengan penampilan semua UKM, BEM, dan beberapa komunitas yang ada di UMY. Selain itu dalam serangkaian acara student fair juga akan turut di adakan pengumuman pemenang Putra Putri UMY dan Annual BEM Award 2015. Hal tersebut sebagaimana diutarakan M.Saiful Bahri, selaku Ketua Acara. “Sebanyak 45 stand UKM, BEM, dan komunitas yang ada di UMY turut meramaika acara student fair kali ini, dan untuk pengumuman Putra Putri UMY serta Annual BEM Award akan kami selenggarakan pada malam puncak, yaitu pada malam tanggal 12 September yang sekaligus pada malam penutupan student fair,” ungkapnya.