Bekerjasama dengan Dinaskertrans, UMY Kembali Adakan Job Fair

Oktober 7, 2013 oleh : Humas UMY

Poster

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta bekerjasama dengan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi DIY menyelenggarakan Job Fair 201

“Secara umum acara ini kita selenggarakan untuk membantu pemerintah untuk mengurangi jumlah pencari kerja dan membantu menyalurkan tenaga kerja kepada para pengguna tenaga kerja” terang Triyana selaku ketua panitia Job Fair UMY 2013 ketika ditemui di ruang kerjanya, Senin Pagi (7/10).

3 yang dimulai dari tanggal 8 hingga 11 Oktober 2013 di Sportorium UMY. Mengangkat tema “Memfasilitasi Mahasiswa, Alumni, dan Dunia Kerja” acara tersebut akan mendatangkan 50 perusahaan berskala lokal maupun nasional dengan menawarkan ribuan lowongan kerja bagi para pencari kerja di DIY.

Triyana menjelaskan, agenda rutin tahunan UMY tersebut sengaja digelar untuk memfasilitasi para alumni UMY untuk memperpendek masa tunggu mereka terserap ke dunia kerja. “Hasil penelitian kami menunjukkan masa tunggu mereka cenderung lama sehingga dengan job fair yang rutin kita selenggarakan membantu untuk memperpendek masa tunggu mereka, yang paling pokok untuk memfasilitasi alumni kita,” jelas Kepala Pusat Pengembangan Karir dan Alumni UMY itu.

Job fair tersebut juga akan dijadikan sarana tracer study untuk mengetahui penyerapan dan kepuasan alumni UMY dalam dunia kerjaNamun kegiatan ini tidak terbatas bagi alumni, Triyana juga mempersilahkan mahasiswa yang belum lulus untuk datang pada bursa kerja tersebut. “Job fair ini akan kita jadikan sarana untuk mencari tahu alumni kita terserap berapa, dan keperusahaan mana saja dengan membuat tracer study. Mahasiswa juga bisa ikut, dengan harapan sebelum lulus mereka sudah dapat pekerjaan,” ungkapnya.

Triyana menilai job fair dapat menghemat biaya bagi para pencari kerja dan mempermudah perusahaan pengguna tenaga kerja. Hal itu, kata Triyana dikarenakan job fair akan mempertemukan para pencari dan pengguna kerja, sekaligus akan ada rekrutmen langsung.  “Dalam acara job fair ini juga sekaligus akan diadakan rekrutmen langsung,” katanya.

Triyana berharap job fair 2013 ini dapat membantu membantu para alumni dan para pencari kerja di DIY untuk dapat terserap dalam dunia kerja. Kendati demikian ia tidak lupa menekankan pentingnya kewirausahaan, sehingga acara job fair tersebut juga diadakan pameran kewirausahaan.

“Suatu kebanggaan bagi kita dapat membantu para alumni karena itu salah satu bagian dari tugas kami. Tentunya kita tidak hanya berharap dapat menciptakan tenaga kerja tetapi juga dapat membentuk lapangan kerja. Tidak boleh melupakan entrepreneur, nanti juga akan ada pameran kewirausahaan pada acara tersebut,” tutur Triyana. (Lalu)