UMY Jalin Kerjasama dengan Dua Kampus di Eropa

Juni 13, 2016 oleh : BHP UMY

L1010565(1)

Pada akhir bulan Mei (26-30/05), pimpinan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta melakukan kunjungan ke dua Universitas yang ada di Eropa, yakni Universite Savoie Mont Blanc, Prancis dan Eindhoven University of Technology, Belanda. Kunjungan tersebut disertai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antar kedua belah pihak.

Kepala Kantor Urusan Internasional, Ir. Tony K. Hariadi, M.T. mengungkapkan bahwa kunjungan ke Eropa tersebut dihadiri oleh Wakil Rektor I UMY, Dr. Ir. Gunawan Budiyanto, M.P., Wakil Rektor III UMY, Sri Atmaja P. Rosyidi, ST., MSc., Eng., Ph.D., PE, Wakil Dekan Fakultas Teknik UMY bidang Kerjasama dan Kemahasiswaan, Slamet Riyadi, Ph.D., dan juga Kepala Kantor Urusan Internasional.

Saat di Universite Savoie Mont Blanc, Prancis, Tony menyebutkan bahwa perwakilan UMY melakukan kunjungan ke kampus yang berada di Annecy-le-Vieux dan Kampus di Chambery. “Kami melakukan kerjasama U to U (University to University-red.), dan melakukan penandatanganan MoU antara kedua belah pihak. MoU tersebut salah satunya berisi pihak Universite Savoie Mont Blanc yang akan mengirimkan mahasiswa magang ke UMY,” jelas Tony.

Lebih lanjut, Tony juga menyebutkan bahwa pihak UMY juga akan mengundang professor dari Universite Savoie Mont Blanc untuk menjadi pembicara dalam Muhammadiyah Disaster Management Summer School, pada bulan Agustus mendatang. “Selain itu, kedepannya kita (UMY-red.) juga akan mengirimkan dosen-dosen kita untuk melanjutkan studi S3 dan melakukan riset-riset,” ungkap Tony.

Sedangkan kerjasama yang dijalin dengan Eindhoven University of Technology, Belanda sendiri, Tony menyebut bahwa UMY sudah pernah melakukan penandatanganan MoU pada tahun 2006 lalu. Berhubung MoU tersebut habis masa berlakunya pada tahun 2015, maka pihak UMY dan Eindhoven University of Technology, Belanda memperbarui MoU antar kedua belah pihak pada tahun 2016 ini. “MoU-nya terdiri atas staff mobility, riset bersama, join conference dan lain-lain,” terang Tony.

Pada bulan Oktober hingga November mendatang, 3 dosen dari UMY juga akan ke Eindhoven University of Technology, Belanda untuk melakukan riset. Ketiga dosen tersebut adalah Ir. Nafi Ananda Utama, M.S., Slamet Riyadi, Ph.D., dan Ir. Tony K. Hariadi, M.T. “Selanjutnya pada tahun 2017, Eindhoven University of Technology dan UMY akan melakukan join conference ICOSI,” tutup Tony. (Deansa)

Sharing is caring!