UMY Jadi Perguruan Tinggi Paling Banyak Terima Dana Hibah Bina Desa​

November 13, 2014 oleh : BHP UMY

Untitled1

Capaian prestasi Program Hibah Bina Desa (PHBD) UMY tahun 2014 ini terbilang menggembirakan. Tahun ini tiga kelompok mahasiswa UMY berhasil mendapatkan pendanaan program yang didanai oleh Dirjen DIKTI tersebut. Meningkat dari tahun lalu yang hanya mendapatkan satu pendanaan. Capaian tersebut menempatkan UMY menjadi perguruan tinggi yang paling banyak mendapatkan pendaan diantara enam belas kelompk yang berasal dari sebelas perguruan tinggi negeri maupun swasta yang mengikuti program tersebut di DIY.

Kepala Lembaga Pegembangan Kemahasiswaan dan Alumni UMY, Ir. Agus Nugroho Setiawan, MP beberapa waktu lalu menjelaskan, tiga kelompok mahasiswa yang mendapatkan pendanaan tersebut di antaranya Unit Kegiatan Mahasiswa Pramuka, Himpunan Mahasiswa Akuntansi, dan Badan Eksekutif Mahasiswa FISIPOL. Ia mengungkapkan, kedepannya UMY berkomitmen untuk semakin mendorong dan mendampingi organisasi mahasiswa untuk berkompetisi dalam PHBD guna meningkatkan peran mahasiswa dalam pemberdayaan masyarakat.

Lebih jauh ia menjelaskan, total dana yang didapatkan untuk pelaksanaan PHBD tersebut sebesar Rp. 119.000.000 untuk membina desa yang terkonsentrasi di daerah Pajangan, Bantul. Adapun program pemberdayaan yang dilakukan adalah pemberdayaan anak berkebutuhan khusus di Panti Bina Siwi agar dapat lebih mandiri dengan berkarya melalui kerajinan. Kemudian pengembangan desa eduwisata di Mangir, dan yang terakhir adalah pengembangan Kampung Wisata Santan melalui perbaikan tata kelola keuangan dan teknologi informasi.

Pada tahun ini juga UMY ditunjuk Dirjen Dikti RI sebagai tuan rumah Monitoring Evaluation PHBD 2014 yang akan berlangsung dari tanggal 12 hingga 15 November 2014 mendatang. Sebanyak enam belas kelompok Mahasiswa yang berasal dari sebelas perguruan tinggi negeri maupun swasta di DIY dan Jateng akan mempresentasikan kemajuan pelaksanaan PHBD yang telah dilakasanakan oleh masing-masing tim sejak bulan Juli 2014 lalu.

PHBD merupakan kegiatan pemberdayaan masyarakat yang dilakukan oleh para mahasiswa melalui organisasi mahasiswa baik Ikatan Organisasi Mahasiswa Sejenis (IOMS), Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dan atau Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM). Diharapkan mahasiswa yang tergabung dalam organisasi pelaksana PHBD ini diharapkan mampu menumbuhkan rasa peduli dan berkontribusi kepada masyarakat di desa agar terbangun desa binaan yang aktif, mandiri, berwirausaha, dan sejahtera. ​

Sharing is caring!