UMY Idol Meriahkan milad UMY 37

Maret 29, 2018 oleh : BHP UMY

Dalam rangka memeriahkan milad UMY yang ke 37, UMY menggelar kompetisi menyanyi, UMY Idol. UMY Idol ini diikuti oleh karyawan serta mahasiswa UMY. Tidak memandang umur, UMY Idol dimeriahkan dengan berbagai macam karakter peserta yang unik. Acara diadakan di lantai dasar gedung AR Fachrudin B pada Sabtu (24/3).

Galuh Sudarsono, selaku penyelenggara lomba mengungkapkan bila sebenarnya acara ini sudah ada setiap tahunnya, yang bentuknya selalu lomba karaoke, namun di tahun ini diadakan spesial dengan mengambil nama UMY Idol. “Namanya UMY Idol agar banyak peminatnya, dalam kompetisi ini juga kami membedakan kriteria berdasarkan karyawan dan mahasiswa,” ungkapnya. Ia menambahkan bila pemenang dari kompetisi ini nanatinya akan menerima uang pembinaan dan sertivikat penghargaan serta akan ditampilkan saat acara family gathering.

Salah satu peserta dalam kompetisi ini, Amir mengungkapkan rasa senangnya dengan diadakannya acara ini. “Sangat senang dengan adanya acara ini, di ajang ini dapat dicari potensi menyanyi dari para karyawan dan mahasiswa,” ujar Amir. Amir menambahkan bahwa adanya kompetisi ini menjadikan sebuah pembelajaran bagi para peserta, melatih kepercayaan diri di depan umum serta ikut memeriahkan milad UMY yang ke 37. Ia berharap bahwa acara ini akan diadakan lagi untuk melihat berbagai macam potensi yang ada untuk karyawan maupun mahasiswa.

Dalam acara ini, Iqbal Maulana Nafi’ dan Feti Kurnianingrum selaku juri menegaskan beberapa kriteria dalam penilaian kompetisi ini. “Ada beberapa kriteria penjurian, yakni materi suara, intonasi dan interpretasi penjiwaan lagu,” ujar Iqbal. Iqbal menambahkan bahwa peach control sangatlah penting ketika sedang bernyanyi, menghayati dan menceritakan isi lagu kepada orang lain juga sangat pentig diperhatikan dalam bernyanyi. Ia menambahkan bahwa ajang ini merupakan ajang pembelajaran yang sesungguhnya. Terutama untuk mahasiswa, ini merupakan sebuah langkah awal untuk menjajaki kemampuannya dalam hal bernyanyi.

Selaku guru privat music, Feti mengungkapkan bahwa ada beberapa hal yang perlu dilatih kembali dari para peserta. Mental untuk tampil di depan umum, kemudian dari segi pemilihan lagu yang sesuai dengan warna suara serta penguasaan panggung. “Kami yakin bahwa karyawan dan mahasiswa di UMY banyak yang memiliki bakat terpendam terutama bernyanyi,” tutupnya. (darel)