UMY Gandeng Day Trans Untuk Maksimalkan Peluang Bisnis

Mei 21, 2018 oleh : BHP UMY

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) menjadi salah satu Amal Usaha Muhammadiyah (AUM) yang dimiliki persyarikatan Muhammadiyah. Sebagai AUM, tentunya UMY mempunyai banyak inventaris yang dimiliki. Guna memanfaatkan inventaris yang dimiliki secara maksimal dan berguna bagi masyarakat luas, UMY berhasil menjalin kerjasama dengan Day Trans Travel pada Sabtu (19/5) bertempat di ruang Wakil Rektor Bidang Keuangan dan Aset gedung AR. Fachrudin B. lantai dasar, Kampus Terpadu UMY.

Disampaikan oleh Dr. Suryo Pratolo, M.Si., Ak., CA., AAP-A selaku Wakil Rektor Bidang Sumber Daya Keuangan dan Aset, bahwa UMY memiliki salah satu aset berupa sebidang tanah seluas 700 meter persegi. Tanah tersebut terletak di jalan MT. Haryono yang disewakan kepada Day Trans guna membangun kantor dan pool (tempat parkir bus) bagi armada mereka yang seluas 500 meter persegi. “UMY memiliki lahan yang selama ini belum dimanfaatkan seluas 700 meter persegi di tempat yang strategis. Begitu ada penawaran dari Day Trans untuk menyewa tempat itu, maka kami menyambut niat baik mereka untuk menyewa 500 meter persegi dari lahan seluas 700 meter persegi tersebut,” ujarnya. Kerjasama tersebut akan berjalan selama 5 tahun setengah terhitung mulai dari Juni 2018 sampai Januari 2024.

Day Trans merupakan perusahaan penyedia jasa transportasi darat yang kerap digunakan oleh banyak wisatawan maupun pelajar yang datang ke Jogjakarta. Selain menjalin kerjasama dalam bentuk penyewaan lahan, UMY dan Day Trans berupaya untuk menjalin kerjasama berupa media periklanan bagi UMY. Disampaikan oleh Dian Prio Utomo selaku Manager Day Trans Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa tengah, bahwa kelak akan ada iklan UMY berupa pemasangan Logo UMY pada setiap kursi dari armada Day Trans. Selain itu, di setiap kursi di dalam mobil akan terdapat majalah UMY yang dapat dibaca oleh seluruh penumpang. “Kedepannya kami juga akan membahas untuk menjadikan Day Trans sebagai sarana iklan bagi UMY. Nanti akan dipasang logo UMY di setiap kursi dan akan diberi majalah UMY pada kursi penumpang,” tuturnya.

UMY Boga yang merupakan unit usaha penyedia makan dan minum yang dimiliki oleh UMY juga akan turut ambil bagian dalam kerjasama tersebut. Dian menyampaikan kedepannya Day Trans akan bemberikan makanan dan minuman bagi penumpang yang disediakan oleh UMY Boga. “Nanti UMY Boga akan menyediakan makanan bagi para penumpang, karena ini juga akan menjadi kerjasama kami dengan UMY,” begitu tutupnya. (ak)