UMY Buka Bersama 1800 Anak Yatim dan Kaum Dhuafa

Juli 28, 2012 oleh : BHP UMY

Sebagai wujud kepedulian terhadap anak yatim dan kaum dhuafa di Bulan Ramadhan, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) mengadakan kegiatan bertajuk “Berbuka Bersama Seribu Anak Yatim (BERSAHABAT)” yang diadakan di Sportorium UMY Jumat (27/7). Sebanyak lebih dari 1800 Anak Yatim, Kaum Dhuafa, anak berkebutuhan khusus tercatat mengikuti kegiatan BERSAHABAT ini.

BERSAHABAT diadakan oleh Takmir Masjid KH. Ahmad Dahlan UMY bekerjasama dengan Lembaga Amil Zakat Nasional Dompet Peduli Ummat Darut Tauhid (DPU-DT) Yogyakarta. Menurut koordinator acara Mohammad Agoes Aufiya, UMY mengundang hampir seluruh pondok pesentren, panti sosial, dan lembaga-lembaga sosial lain di Kota Yogyakarta dan sekitarnya. “Ini menjadi wujud kepedulian kita terhadap anak yatim dan kaum yang kurang mampu. Apalagi di bulan Ramadhan seperti ini” terangnya.

Panitia Bersahabat memang mengundang sejumlah lembaga sosial, seperti  Panti Sosial Hafara, Rumah Tahfidz Indahnya Al-Quran, Ponpes Yatim Piatu Rumah Sajadah dan lain-lain. Menurut Agoes, selain mengundang mereka, UMY mengundang sekitar 25 Taman Pengajian Al-Quran (TPA) di sekitar UMY. BERSAHABAT menurutnya menjadi tempat bagi mahasiswa UMY beserta mereka untuk bersama-sama mengisi Bulan Ramadhan dengan kegiatan amal.

Dalam BERSAHABAT, panitia juga menghadirkan Kak Bimo, seorang pendongeng Nasional yang sudah tidak asing lagi di telinga anak-anak. Menurut Agoes, Kak Bimo diharapkan dapat menginspirasi anak-anak dalam memahami Islam dengan dongeng yang ringan. “Ia pendongeng anak yang handal. Semoga dengan dongengnya yang mudah dimengerti anak-anak, memberi kebahagiaan kepada saudara-saudara kita tanpa melupakan nilai-nilai keislaman di dalamnya”.

Kak Bimo mendongeng “Beben Mencari Agama dan Tuhan” di hadapan 1800 peserta BERSAHABAT, Jumat (27/2) di Sportorium UMY

Sementara Ketua Takmir Masjid Ahmad Dahlan Dr. Imammuddin Yuliadi, ST, M.Si menjelaskan, BERSAHABAT merupakan salah satu kegiatan dari rangkaian panjang konsep kegiatan “Ramadhan di Kampus (RDK)” yang diadakan UMY sejak 2 Juli lalu. Selain BERSAHABAT, RDK diisi sejumlah kegiatan seperti pengajian akbar, bazaar sembako, pawai taaruf, sunatan masal, fotografi Islam, sahur on the road, salat tarawih dan kegiatan lain.

“RDK 1433 H adalah kegiatan tahunan UMY setiap Bulan Ramdhan. Hal ini menjadi upaya kami untuk menyatukan pendidikan kampus dengan suasana keislaman di Bulan Ramadhan. Pada akhirnya RDK diharapkan dapat meningkatkan ketakwaan sebagai umat Muslim di keistimewaan Ramadhan” pungkasnya.