UMY Berhasil Selenggarakan ABU Robocon 2015

Agustus 24, 2015 oleh : BHP UMY

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) kembali sukses menyelenggarakan acara kompetisi Internasional, jika sebelumnya UMY berhasil menyelenggarakan Kontes Robot Indonesia (KRI), maka kali ini UMY berhasil menyelenggarakan Robocon 2015 yang berlangsung pada hari Minggu (23/8) di Sportorium UMY. Tentu hal ini menjadi sebuah kebanggan bagi UMY sendiri untuk bisa menyelenggarakan event-event baik dalam tingkat nasional dan Internasional.

Hal tersebut juga dikemukakan oleh M. Dimyati selaku Dirjen DP2M Dikti mengatakan bahwa, UMY perlu diacungi jempol sebagai Perguruan Tinggi Swasta (PTS), yang berhasil menyelenggarakan kompetisi robot internasional se-Asia Pasifik dengan sangat sukses dan inspiratif. “Bahkan jika disuruh memberikan berapa jempol, saya akan beri jempol 4 untuk UMY yang telah berhasil menyelenggarakan Robocon 2015. Bahkan kesuksesan ini dapat kita lihat dari berbagai aspek, misalnya dari aspek promosinya, tingkat kerja samanya, tempatnya, dan banyak hal lainnya,“ jelasnya.

“Kita perlu memberikan apresiasi yang baik atas penyelenggarakan ini, artinya apa yang diselenggarakan oleh UMY ini sudah pada trek atau jalur yang benar. Sangat wajar bila banyak masyarakat baik itu di lihat dari penonton dan pesertanya sangat mengapresiasi acara ini,“ lanjutnya.

Tentu suksesnya acara ini bukan menjadi akhir tapi menjadi awal bagi UMY untuk bisa terus maju lagi. “Merintislah terus, berbuatlah lebih banyak lagi untuk bisa mengerjakan hal-hal yang lebih maju lagi dengan bidang-bidang lainnya. Yang terpenting UMY jangan cepat berpuas diri dengan suksesnya penyelenggaraan Robocon 2015. Buatlah kesuksesan-kesuksesan yang lainnya untuk bisa menonjolkan UMY sebagai salah satu PTS di negeri ini yang sangat luar biasa,“ pesannya.

Dimayati juga berharap pelaksanaan Robocon 2016 yang akan terselenggara di Thailand, nantinya UMY dari sekarang harus mulai merintis setahap demi setahap lolos dari tahapan kompetisi regional, nasional, kemudian Internasional. “Untuk itu diharapkan tahun depan UMY bisa mewakili Republik Indonesia untuk ikut bertanding di Thailand. Kalau sekarang sukses sebagai penyelenggara, maka tahun ini saya sangat berharap tahun depan UMY bisa menjadi salah satu wakil dari Indonesia, syukur bisa menjadi juara hingga tingkat Nasional dan Internasional,“ harapnya.

Hal lain juga diungkapkan oleh salah satu penonton asing, Patrick dari Universitas Eindoven yang mengatakan bahwa event ini sangat bagus dan menarik. “Saya berharap UMY bisa menyelenggarakan event sejenis ini dengan memberikan challenge, dengan memberikan kategori antara robot otomotis dengan sensor dan dengan yang digerakkan oleh manusia. Saya juga memberikan saran untuk memberikan sesi presentasi dengan robot peserta, sebagai upaya disemenasi teknologi robot,“ paparnya.