UMY Berangkatkan Paduan Suara SSV Untuk Berlomba Dalam TICC 2018

Juli 26, 2018 oleh : BHP UMY

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Paduan Suara Mahasiswa (PSM) Sunshine Voice (SSV) akan membawa nama Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) dalam ajang Taipei International Choral Competition (TICC) 2018. PSM SSV secara resmi dilepas oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan AIK UMY, Hilman Latief, MA, PhD, pada hari Kamis (26/7) di lobi Rektorat UMY.

Kompetisi paduan suara internasional yang diselenggarakan oleh Taipei Philharmonic Foundation tersebut akan dilangsungkan pada tanggal 31 Juli hingga 3 Agustus 2018 di Taipei City, Taiwan. “Dengan persiapan yang sudah anda lakukan dan juga berbekal pengalaman dari berbagai kompetisi yang telah kalian ikuti, saya yakin kalian mampu untuk membawa hasil terbaik ketika pulang nanti. Saya juga ingin mengingatkan bahwa sebagai perwakilan UMY saya harapkan anda dapat menjaga diri dan juga nama baik institusi kita selama di sana,” ungkap Hilman.

Hilman juga menyampaikan bahwa UMY akan mendukung penuh kegiatan mahasiswa yang ingin menorehkan prestasi baik untuk bidang akdemik atau non-akademik. “UMY selalu berusaha untuk memberikan dukungan dan akomodasi untuk mahasiswa agar meraih prestasi sebanyak mungkin. Termasuk untuk program yang dimiliki oleh UKM SSV ini, kami berencana akan mengikutsertakan mereka dalam kompetisi tingkat internasional setiap 2 sampai 3 tahun sekali,” ujarnya kembali.

Kompetisi perdana yang diselenggarakan oleh Taipei Philharmonic Foundation akan menjadi ajang bagi SSV UMY untuk berlomba dalam kategori Mixed Choir dan Ethnic Choir. “Pada 2 kategori ini, SSV UMY akan membawakan total 6 lagu. Untuk Mixed Choir kami akan membawakan Segalariak, Twa tanbo, dan Rain from the Sky. Selanjutnya untuk Ethnic Choir kami akan menyanyikan; Benggong, lagu rakyat dari Nusa Tenggara barat; Toki Tifa, lagu rakyat dari Maluku; dan Diu Diu Dang Ai, sebagai lagu wajib yang disyaratkan dari panitia,” jelas Aulia N. Kasiwi, mahasiswa Magister Ilmu Pemerintahan (MIP) 2016 selaku selaku official untuk kelompok tersebut.

“Selain kompetisi, PSM SSV juga akan berpartisipasi dalam agenda Noon Concert yang diselenggarakan pada tanggal 31 Juli 2018 di kota Taipei. Kegiatan tersebut diadakan di area publik sebagai ajang pengenalan budaya tiap peserta kepada masyarakat setempat,” lanjut Aulia.

Untuk mengikuti kompetisi ini SSV UMY memberangkatkan 34 penyanyi, 1 konduktor, 1 pengiring piano, 4 official, dan Muhammad Faris Alfadhats,Ph.D., selaku kepala LPKA (Lembaga Pengembangan Kemahasiswaan dan Alumni) UMY serta Sugito,S.IP.,M.Si sebagai pendamping. (raditia)