UMY Berangkatkan 6 Tim PKM Untuk PIMNAS

Agustus 30, 2018 oleh : BHP UMY

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta telah memberangkatkan 6 timnya untuk mengikuti Kompetisi Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke-31 tahun 2018. 6 tim yang akan mengarumkan nama Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) di PIMNAS ini telah resmi diberangkatkan oleh Rektor UMY Dr.Ir. Gunawan Budiyanto, M.P. pada hari Selasa (28/08) di Lobi Rektorat UMY.

Tim tersebut nantiya akan menghadapi 440 tim Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM) dari 136 perguruan tinggi dari seluruh Indonesia mulai tanggal 28 Agustus hingga 2 September di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). “Saya melihat ada semangat yang besar dari kalian, walau ada wajah yang lelah namun masih memiliki semangat juang dengan penuh motivasi untuk mempertahankan kebesaran nama UMY. Maka dari itu semua bentuk pengorbanan kita harapkan akan dibalas oleh Allah SWT bukan sekedar dengan Ridha-Nya tapi juga kalian pulang membawa Emas untuk kalian persembahkan,” ungkap Gunawan.

Gunawan juga menyampaikan akan mendukung penuh tim PKM UMY dengan kekuatan yang dimiliki UMY. “Kalian adalah rakyat yang mandiri dan berdikari, kita bergerak sendiri dengan kekuatan yang kita miliki. Saya melihat tekad ini menjadi semangat untuk bisa menunjukan bahwa sekalipun tanpa subsidi pemerintah dan rakyat, kalian bisa bergerak memberikan yang terbaik bagi UMY, dan tentunya kami dari UMY akan mendukung kalian dengan memberikan 10 juta Rupiah bagi tim yang berhasil membawa emas. 7,5 juta Rupiah bagi Perak dan 5 juta Rupiah bagi Perunggu. Kalau kalian berhasil masuk ke 10 besar akan ada tambahan 25 juta dan masuk ke 5 besar akan ada tambahan 50 Juta Rupiah,” Ungkap Gunawan lagi.

Pada PIMNAS tahun ini UMY memiliki presentase lolos tertinggi se-Indonesia. “Ada 25 kelompok yang didanai kemudian dilakukan Monitoring dan Evaluasi. Alhamdulillah kami bisa mengirimkan 6 kelompok, rasio dari 25 menjadi 6 kelompok ini adalah presentase paling tinggi se-Indonesia,” jelas Muhammad Faris Alfadhats,Ph.D., selaku kepala LPKA (Lembaga Pengembangan Kemahasiswaan dan Alumni) UMY.

Diakhir acara pelepasan, Sri Puji Hapsari selaku perwakilan dari tim PKM UMY menyampaikan rasa terimakasihnya atas dukungan yang diberikan oleh UMY. “Alhamdulillah setelah berbulan-bulan lamanya kami mempersiapkan untuk hari ini, kami mengucapkan terima kasih yang sangat luar biasa atas dukunganya sehingga kami bisa berangkat hari ini. Kami sangat berharap ketika kami pulang bisa memberi kebanggaan untuk UMY sehingga kami bisa memberikan yang terbaik atas semua yang sudah kami lakukan dan bapak serta ibu berikan kepada kami,” ungkap Sri. (Pras)