UMY Akan Berikan Penghargaan Pada Alumninya

Februari 26, 2018 oleh : BHP UMY

Keberadaan alumni pada sebuah universitas memiliki banyak peran yang sangat strategis untuk membantu peningkatan kualitas dan mutu dari perguruan tinggi. Hampir setiap perguruan tinggi memiliki organisasi Alumni. Untuk itu demi menjaga dan merawat alumni, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) akan memberikan penghargaan kepada alumninya. Penghargaan berupa Alumni Award tersebut merupakan rangkaian dari Milad ke-37 UMY yang bertemakan “One Step Beyond”. Penghargaan tersebut diberikan juga bertujuan untuk mempererat kembali silaturahim antara para alumni dari semua angkatan.

Dr. Ir. Gunawan Budianto selaku Rektor Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) mengungkapkan untuk melihat hasil dari proses pendidikan yang dilaksanakan oleh UMY, maka yang dijadikan tolok ukur adalah para alumni. Apakah sudah membanggakan atau belum. “Hampir 30 ribu alumni yang dimiliki UMY sudah tersebar di berbagai penjuru Indonesia maupun internasional. Untuk itu adanya Alumni Award ini merupakan ajang dalam mencari karakter alumni yang telah banyak memberikan kontribusi pada bidang apapun dan telah berhasil meningkatkan harkat dan martabat masyarakat. Alumni terbaik akan dipilih oleh para dewan juri dan award akan diberikan saat puncak milad UMY ke-37 April mendatang,” papar Gunawan saat diwawancarai pada Senin (26/2).

Gunawan menambahkan bahwa selama ini hubungan alumni dan universitas sudah berjalan baik dan harmonis. Maka pihaknya pun merasa perlu untuk menjaga dengan memberikan pengahargaan kepada para alumninya. “Banyak masukan dari alumni terhadap UMY. Baik dari pengembangan kurikulum, mendukung kegiatan kemahasiswaan, akses beasiswa, pekerjaan, bahkan membantu promosi di seluruh Indonesia. Kami ingin alumni tidak hanya memberikan value kepada UMY, akan tetapi yang menjadi faktor penting adalah transfer of knowledge. Selain itu soft skill dan hard skill juga harus dimiliki oleh para alumni, karena hal tersebut merupakan acuan dalam menggali potensi yang dimiliki para alumni,” ujar Gunawan.

Lebih lanjut Gunawan mengungkapkan kedepan standar alumni UMY harus diperkuat, hal ini perlu dibentuk dari masa perkuliahan dengan cara memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk berkarya. “Mahasiswa maupun alumni harus mempunyai karya dan bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Berkarya tidak perlu berdasi dan memiliki barang mewah, akan tetapi harus tumbuh dari kesadaran sendiri dan peka terhadap kondisi sosial saat ini. Maka bertindaklah sesuai bidang yang kita tekuni, tidak perlu menjadi orang lain untuk berkarya tetapi cukup menjadi diri sendiri dan mendedikasikan diri semaksimal mungkin terhadap masyarakat. Kemudian saya berharap kegiatan alumni award ini bisa berkelanjutan setiap tahun dan bisa merangkul alumni dari seluruh angkatan,” tutupnya.

Adapun untuk pengusulan calon Alumni Award UMY 2018 tersebut dapat dilakukan melalui laman alumni.umy.ac.id. Sementara untuk penyerahan award akan dilaksanakan pada puncak milad UMY, pada April 2018 mendatang. (Sumali)