UMY Ajak Masyarakat Nikmati Konser Orkestra Bernuansa Religi

September 14, 2017 oleh : BHP UMY

Pagelaran konser orkestra umumnya masih jarang diselenggarakan oleh perguruan tinggi. Event-event tingkat nasional maupun internasional di bidang akademiklah yang biasanya selalu diadakan oleh universitas. Melihat hal tersebut, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) dan Keluarga Alumni Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (KAUMY) berinisiatif untuk menggelar event yang berbeda dari event-event yang sebelumnya sering diselenggarakan oleh UMY. Pada tahun 2017 ini tepatnya 21 September 2017 bertepatan dengan Tahun Baru Hijriyah 1439 H, UMY dan KAUMY akan menggelar konser orkestra bernuansa religi. Melalui konser religi orkestra ini, UMY mengajak pecinta musik, seni, masyarakat umum, warga Muhammadiyah, dan mahasiswa untuk ikut serta menikmati sajian musik-musik religi yang akan diiringi oleh instrumen orkestra.

Event yang akan diselenggarakan oleh UMY kali ini terbilang unik, selain karena masih jarang diselenggarakan oleh sebuah universitas, konser orkestra ini juga kali pertamanya diadakan oleh UMY. Event ini juga menjadi sajian khusus bagi masyarakat Jogja, karena konser religi orkestra yang bertajuk “Simfoni Negeri Berkemajuan” ini akan mendatangkan artis Ibu Kota yakni Dwiki Dharmawan Orkestra, Fatin Shidqia Lubis, Ita Purnamasari dan Rafli Kande. Konser religi orkestra ini akan digelar di gedung Sportorium UMY yang bisa menampung hingga 3000 orang lebih.

Sri Atmaja P. Rosyidi, M.Sc.Eng.,Ph.D,PE selaku ketua umum penyelenggara konser ini mengatakan bahwa konser ini memiliki kelebihan yang disuguhkan diantaranya yakni mempunyai nuansa islami yang sangat kuat. Kemudian juga ada nilai atau value tersendiri dengan adanya konser tersebut. “Ini merupakan penyeimbang dari musik yang dijadikan sebuah media untuk memengaruhi masyarakat (terutama anak muda) ke arah yang kurang jelas. Maka dari itu kami mencoba untuk mengubah hal tersebut dengan menggunakan musik untuk mengajak kepada kebaikan serta akan disajikan suasana kerohanian yang tenang dan mempersatukan langkah progresif ke depan. Maka dari itu acara ini merupakan hal yang cukup menarik untuk dinikmati,” terangnya.

Sri juga mengatakan bahwa konser ini ditargetkan akan mendapatkan perhatian dari kurang lebih 3000 penonton dari berbagai kalangan masyarakat maupun mahasiswa UMY sendiri dan yang paling utama adalah pecinta musik orkestra. “Target kami adalah 3000 penonton yang terbagi ke dalam kelas Platinum, Gold, Silver, Bronze dan Tribun, hingga saat ini penjualan tiketnya sangat progresif dan sangat cepat, 30 persen dari total tiket yang telah disediakan telah habis dalam hitungan hari dan kami yakin seminggu kedepan tiket akan segera habis,” tambahnya.

Selain itu Sri juga menjelaskan bahwa untuk menyelenggarakan konser ini UMY mengadakan kerjasama dengan berbagai pihak dari mulai Dwiki Dharmawan Orkestra, Fatin serta banyak pihak lain. Serta tentunya untuk pihak-pihak tersebut pihaknya tidak hanya asal memilih namun juga dilakukan pengkajian terlebih dahulu “Dalam menyelenggarakan konser ini kami bekerjasama dengan berbagai pihak dari mulai artis-artis yang diundang, pihak orkestra, dan beberapa BUMN yang juga mensupport acara ini. Pihak tersebut kami pilih dengan teliti karena track recordnya yang sangat baik, hingga ke kehidupan sehari-harinya,” ujarnya lagi.

Sri juga sedikit membocorkan tentang rangkaian acara yang akan dilakukan yaitu diawali dengan pembukaan dan selanjutnya akan disajikan acara musik secara berkelanjutan. Selain itu juga terdapat berbagai kejutan yang akan disajikan untuk penonton sehingga ini sangat menarik. “Selain dari Orkestra dan Fatin adapula nanti kejutan dari PSM yang berkolaborasi dengan Sunshine Voice UMY. Serta masih banyak kejutan-kejutan yang akan hadir dalam acara tersebut sekaligus ini sebagai salah satu kado untuk mahasiswa baru 2017. Karena belajar di universitas merupakan sesuatu yang bernilai dalam sejarah kehidupan mereka. Maka kita sambut dengan sesuatu yang bermartabat dan bernilai,” tuturnya.

Selain itu, dalam rangkain acara konser ini juga direncanakan akan dilakukan Penggalangan dan Penyerahan Dana Kemanusian kepada PP Muhammadiyah untuk disalurkan kembali kepada yang membutuhkan. Kemudian juga akan diadakan Launching Program Beasiswa Alumni UMY dan Alumni Achievement Award. Alumni Achievement Award tersebut rencananya juga akan diberikan pada alumni UMY yang berprestasi dan memiliki kontribusi besar bagi masyarakat, pemerintah dan negara. Adapun pembelian tiket konser ini bisa didapatkan di Sekretariat Konser UMY di Gedung AR. Fachruddin A lantai dasar (SEBI), BEM-U dan Fakultas UMY, Kantor Kedaulatan Rakyat, Gandroeng Kopi, Waroeng Steak, dan ACT (Aksi Cepat Tanggap) DIY, dengan mengontak Sekretariat UMY di 082220102171 atau nomor telepon UMY (0274) 387656 ext 283. (zaki)

Sharing is caring!