UMY Adakan Workshop Untuk Tingkatkan Kualitas Dosen

Desember 30, 2017 oleh : BHP UMY

Dr. Ir. Syaiful Anwar, Pejabat Kemenristekdikti RI, saat menyampaikan materi Penilaian Angka Kredit, dalam Workshop yang diadakan oleh BSDM UMY

Dalam rangka meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) khususnya dosen-dosen pengajarnya, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) mengadakan Workhsop yang ditujukan untuk dosen strata (S3), lektor dan lektor kepala UMY. Dr. Nano Prawoto, SE,MS.i selaku Wakil Rektor Bidang Sumber Daya Manusia UMY, ketika diwawancarai di sela-sela workshop mengatakan bahwa fakta di lapangan menunjukan penilaian terhadap dosen UMY masih rendah.

“Fakta di lapangan menunjukan kualitas dosen pengajar di UMY masih rendah. Hal ini terlihat dari penilaian borang akreditasi dari skala 0 sampai 4 mendapatkan nilai 2,2. Maka dari itu dilakukanlah tahapan-tahapan untuk meningkatkan kualitas dosen pengajar. Salah satunya dengan memanggil ahli-ahli untuk memotivasi, memahamkan tentang penilaian angka kredit dan selanjutnya akan dilakukan pengawasan supaya terus meningkat,” ungkap Dr. Nano Prawoto Sabtu (30/12) di sela-sela workshop yang bertajuk “Peningkatan Karir Dosen dan Penialaian Angka Kredit” yang dilaksanakan di Gedung A.R Fachruddin B Lt.5 UMY.

Dr. Nano juga menyampaikan bahwa UMY juga telah membentuk sebuah tim untuk membantu meningkatkan karir dosen-dosen UMY. “Telah dibentuk sebuah Tim Peningkatan Karir Dosen dan Professor. Hal tersebut dilakukan untuk mendorong karir dosen yang dibagi menjadi dua yaitu Jabatan Fungsional dan Studi Pendidikan,” tuturnya.

Secara umum, lanjut Dr. Nano lagi, yang akan ditingkatkan adalah jumlah karya-karya publikasi yang nantinya juga akan berimbas kepada kenaikan jabatan fungsional dosen. “Namun permasahannya adalah dosen-dosen saat ini tidak fokus karena terdapat banyak tugas yang harus dilaksanakan, mulai dari tugas mengajar dan urusan rumah tangga. Sehingga perlu dilakukan pendampingan, pemantauan dan evaluasi, agar karir dosen bisa meningkat,” imbuhnya lagi.

Sebagai program lanjutan dari kegiatan workshop tersebut, Dr. Nano menyampaikan akan segera dilaksanakan program Scientific Camp untuk memfokuskan dosen dalam membuat Karya Ilmiah. “Kegiatan Scientific Camp yang akan dilakukan sebagai tindak lanjut workshop ini rencananya akan dilaksanakan selama 2 hari. Selain itu juga akan mengundang para pakar kepenulisan ilmiah, agar mereka bisa mendampingi dosen UMY dalam membuat karya ilmiah. Diharapkan dosen sudah membawa materi sebelum kegiatan tersebut, dan outputnya adalah sebuah karya ilmiah. Hal tersebut kami lakukan sebagai upaya untuk bersama-sama meningkatkan kualitas SDM UMY,” jelasnya.

Dr. Nano juga berharap dengan berbagai tahapan yang sudah direncanakan tersebut bisa sesuai dengan Indeks Kinerja Strategis (IKS) SDM yang telah disusun hingga tahun 2020. “IKS SDM yang sudah tertulis yaitu UMY memiliki 45 persen Lektor Kepala, 45 persen Doktor, dan 10 persen Professor dari jumlah keseluruhan dosen UMY,” tutupnya. (zaki)