UMP Pelajari Sistem Manajemen Kampus UMY

Februari 5, 2013 oleh : BHP UMY

SAM_1253Dalam rangka mencari informasi tentang bagaimana sistem manajemen kampus yang baik, Universitas Muhammadiyah Palembang (UMP) melakukan Studi Banding ke Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) untuk saling bertukar informasi bagaimana manajemen kampus yang selama ini diterapkan oleh UMY.

Acara ini dihadiri oleh Rektor UMP H.M. Idris , SE,M.Si beserta karyawan UMP dan juga Rektor UMY Prof. Bambang Cipto, MA dengan beberapa karyawan UMY. Kunjungan ini merupakan yang pertama kali bagi UMP dan berlangsung di Ruang Sidang AR. Fakhrudin B Kampus Terpadu UMY pada Selasa (05/02).

Rektor UMP menjelaskan bahwa selama ini UMP melihat bagaimana kemajuan UMY di berbagai bidang baik dalam sisi akademik ataupun non akademik. “Kami ingin melihat secara langsung bagaimana sistem manajemen UMY sehingga menjadi kampus yang muda mendunia ini, selain itu kami juga ingin melihat bagaimana Unit yang ada di UMY ini bisa bekerja dengan baik,” jelasnya.

Idris mengaku perlu banyak belajar dari UMY dari beberapa unit yang ada di UMY.” Beberapa unit yang kami punya saat ini pun merupakan cerminan dari unit yang ada di UMY, seperti yang saat ini kami rencanakan untuk mendirikan kantor Internasional seperti International Relation Office (IRO) yang ada di UMY. Bagaimana Standar Operasional yang diterapkan, dan bagaimana kinerja IRO merupakan bagian penting dari kunjungan ini,” tandasnya.

Selain itu dari pandangan kami, lanjut Idris, sistem manajemen UMY sudah sangat teratur. “Tidak hanya kerjasama luar negeri saja, tetapi dari mulai sistem pembayaran yang bisa di lakukan online sampai sistem parkir disini pun merupakan pelajaran buat UMP kedepannya.” Imbuhnya.

Disisi lain Rektor UMY mengungkapkan bahwa UMY akan menyambut dengan baik kedatangan UMP dan memberikan beberapa informasi yang dibutuhkan terkait manajemen Kampus. “Kami sangat senang dan bangga apabila sistem yang selama ini kami terapkan bisa diterapkan pula di UMP, itu tandanya kami bisa memberikan manfaat kepada UMP,” ungkapnya.

Bambang memaparkan bahwa kunjungan kali ini akan membuat kerjasama baru bagi UMY dan UMP kedepan. “ Setelah kunjungan ini, kita masih bisa bertukar informasi terkait apapun antara UMY dan UMP bahkan bisa bekerja sama dalam hal apapun,” paparnya. (Orien)