UMP dan UMY Jalin Kerja Sama Dalam Bentuk Kesukarelaan

September 16, 2015 oleh : BHP UMY

Setelah kedatangan University Technology Malaysia (UTM) pada Senin (14/9) ke Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) untuk melakukan kunjungan balasan serta menindaklanjuti Mou, maka hari Rabu (16/9) UMY kembali mendapatkan kunjungan dari University Malaysia Pahang (UMP). Kedatangan kali ini tak berbeda jauh yaitu melakukan kunjungan balasan, namun yang istimewa adalah kedatangan UMP kali juga disertai 18 Mahasiswanya dan 2 staff dari UMP. “Kedatangan kami ini juga untuk lebih mengutamakan student mobility misalnya memupuk rasa kepedulian dan solidaritas diantara mahasiswa UMY dan UMP,” terang Nasrul Salim Pakheri selaku Staff di Fakultas Elektrik dan Elektronik UMP saat diwawancarai di Stadium General Fakultas Teknik UMY.

Nasrul Salim melanjutkan bahwa, kedatangannya ke UMY adalah untuk menjalin kerja sama dengan mahasiswa dan pakar-pakar universitas khususnya di UMY. Selain itu, hal ini juga dapat meningkatkan hubungan baik antara kedua universitas misalnya sharing ilmu dan memupuk kesukarelaaan mahasiswa UMY dan juga UMP. “Memupuk kesukarelaan mahasiswa ini dirasa sangat penting sebab hal ini bisa membangun rasa kepedulian antar sesama manusia. Misalnya ketika terjadi bencana di Malaysia, mahasiswa UMY bisa mengirimkan relawan untuk membantu bencana di sana begitu juga sebaliknya. Dengan adanya aktifitas-aktifitas seperti ini maka secara tidak langsung akan tumbuh rasa kepedulian dalam diri mereka, “ lanjutnya.

Selain itu, kerja sama yang dijalin oleh kedua belah pihak ini juga termasuk dalam research development. “Selain dari segi kesukarelaan dari segi lain yang dibangun adalah ilmu dan pendidikan. Misalnya seperti diadakannya pameran karya yang dilakukan oleh mahasiswa UMY dan UMP, seperti yang sudah berjalan di sini. Namun hal yang terpenting adalah untuk menyepakati Mou yang telah dibuat oleh UMY dan UMP sebelumnya, “ ungkapnya.

Disisi lain acara ini diharapkan dapat meningkatkan hubungan yang baik antar kedua belah pihak dan juga diharapkan ini bukan hanya berhenti di sini saja namun, bisa berlanjut ke kerja sama yang lainnya. “ Kerja sama yang lainnya di sini bukan hanya dalam bidang akademik saja namun juga dalam bentuk aktifitas yang ada. Selain itu dengan adanya kunjungan ini secara pribadi dapat menyiapkan mental mahasiswa UMP untuk siap didunia kerja, dan terakhir kunjungan ini dapat membuka peluang-peluang yang lain. Misalnya, ini bisa membuka mata mahasiswa untuk bisa belajar tentang negara lain,“ harapnya.

Kedatangan ini tak lain menjadi sebuah kehormatan yang besar bagi UMY khususnya Fakultas Teknik UMY dalam hal memperlebar kerja sama dengan Universitas luar negri. “Meskipun ini adalah kunjungan balasan, namun kedatangan mereka ke sini lebih kepada student mobility. Karena sebelumnya, kira-kira 1 bulan yang lalu kami pihak UMY melakukan kunjungan ke sana serta melakukan Mou, “ jelas Anna Nur Nazilah Chamim, S.T, M.Eng saat diwawancarai di sela-sela menyambut kedatangan UMP ke UMY di Stadium General Fakultas Teknik UMY.

Anna melanjutkan bahwa, penyembutan yang dilakukan tidak berbeda jauh ketika mereka disambut di sana. “Ketika kita mengunjungi UMP di sana kami diberikan short courses, bahkan selesai mengikuti short courses itu kami juga diberi sertifikat. Untuk itu ketika mereka kunjungan ke sini kami pun memberikan seminar terkait dengan Wirless Sensor Network (WSN) yang akan diisi oleh Widyasmoro, S.T., M.Sc selaku dosen Teknik Elektro UMY.