UKM Taekwondo UMY Borong 24 Medali di Kekadangan Taekwondo Walikota Cup 2017

April 17, 2017 oleh : BHP UMY

UKM Taekwondo UMY berhasil memborong total 24 medali di ajang Kekadangan Walikota Cup 2017 yang diadakan pada Jumat-Minggu (14-16) April di GOR Amongrogo, Yogyakarta. Ke-24 medali terdiri dari 7 emas, 7 perak dan 10 perunggu. Kekadangan Walikota Cup merupakan turnamen Taekwondo tingkat daerah DIY Jateng, namun juga diikuti oleh tiga propinsi undangan yaitu Bali, Gorontalo dan DKI Jakarta. Memasuki tahun keenam dalam penyelenggaraan tahun ini, Kekadangan Walikota Cup diikuti oleh total 1036 taekwodoin.

Ketua UKM Taekwondo UMY, Asep Maulana menyatakan rasa syukurnya ketika diwawancara oleh BHP pada Senin (17/4). “Alhamdulillah, raihan ini patut kita syukuri. Kami mengirimkan 24 atlet untuk berlaga dalam berbagai cabang dan nomor dan semuanya meraih medali,”ungkapnya.

Di penyelenggaraan kali ini, UMY berhasil meningkatkan perolehan emasnya dibandingkan tahun lalu. Hal ini karena lebih banyak atlet diturunkan tahun ini. “Tahun ini lebih banyak mengirimkan atlet. Tahun lalu cuma mengirimkan 5 atlet dan mendapat 3 emas. Tahun ini meningkat jadi 7 emas,”tuturnya lagi.

Ketujuh peraih emas yaitu Didik Fahmi Lasodi (Akuntansi 2014), Yusril Ihza (HI 2016), Muhammad Anarki (Pertanian 2016), Intan Nadya (KKI 2016), Candra Kusuma (Manajemen 2015), Afiatika (IGOV 2016) dan Lisa Yanuarti (PBI 2015).

Asep mengaku jika para atlet telah berlatih selama dua bulan sebelum mengikuti turnamen ini, termasuk berlatih tanding dengan Tim Taekwondo UMM dan UNS. “Persiapan selama kurang lebih dua bulan. Try Out dan latih tanding juga dilakukan bersama tim Taekwondo UMM Malang. Kita juga berlatih di UNS bulan kemarin. Sebelum berangkat ke kejuaraan, kami sempat mengelar doa bersama anak yatim piatu di sebuah panti asuhan,”ujarnya.

Asep juga menyatakan bahwa sebagian atlet yang berlaga dalam ajang ini merupakan mahasiswa angkatan 2015 dan 2016. Hal ini diakuinya sebagai cara untuk regenerasi para atlet untuk dipersiapkan di Kejuaraan selanjutnya dan di kejuaraan mendatang. “Regenerasi atlet juga kami lakukan di ajang ini. Beberapa atlet yang diturunkan adalah angkatan 2015 dan 2016. Kita tahu bahwa atlet angkatan 2013 sudah menjelang akhir masa studi dan angkatan 2014 juga sudah masuk semester akhir. Kami kirim banyak atlet sebanyak 24 atlet juga untuk regenerasi tahun depan,”jelasnya.

Dengan perolehan dalam Kekadangan Taekwondo Walikota Cup kali ini, UKM Taekwondo UMY punya momen bagus dalam mempersiapkan kejuaraan nasional pada Agustus mendatang. Rencananya mereka juga akan mengikuti Kejurnas Piala Presiden 2017 dan menargetkan memperoleh medali. “Event ini jadi persiapan untuk event nasional pada Agustus nanti. Alhamdulillah kami mendapat perolehan bagus di sini. Kami berencana mengikuti Kejurnas Piala Presiden 2017 di Jakarta. Semoga kita mmendapat medali di situ,”tutupnya (bagas)