UKM PSM UMY Kembali Adakan Konser

Mei 9, 2016 oleh : BHP UMY

IMG-20160509-WA0001Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Paduan Suara Mahasiswa (PSM) Sunshine Voice Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) kembali menyelenggarakan konser yang bertajuk Kina : A Bitter Sweet Symphony Concert. Konser yang diselenggarakan pada Minggu malam (8/5) bertempat di Gedung Concert Hall Taman Budaya Yogyakarta (TBY) tersebut didukung oleh 52 penyanyi, yang terbagi atas berbagai jenis suara yang diantaranya sopran, alto, tenor, dan bass.

Seperti diungkapkan oleh Hanan Siti Noor Rachmawati selaku Ketua Panitia mengungkapkan, dalam konser tersebut terdapat drama musikal yang diperankan oleh tokoh fiksi bernama Kina. “Nama Kina sendiri terinspirasi dari buah Kina (Cincho Calisaya) yang terkenal memiliki rasa yang pahit, namun memiliki khasiat “manis” dalam menyembuhkan penyakit malaria,”ungkapnya.

“Kina adalah seorang perempuan yang telah ditinggal pergi oleh kekasihnya akibat kecelakaan. Setelah kepergian tersebut Kina menjadi murung dan terpuruk, namun pada akhirnya ia kembali menemukan kebahagiaan setelah diajak oleh sahabat-sahabatnya untuk kembali berlatih bernyanyi. Atas itu kami ingin menceritakan kepada penonton bagaimana kompilasi antara musik dan persahabatan mampu mengembalikan kebahagiaan seseorang,”tambah Hanan.

Terlepas dari tema tersebut seperti diungkapkan oleh Liya Nadzarina selaku Ketua PSM SSV UMY, konser tersebut merupakan penyambutan bagi anggota baru PSM SSV UMY. “Melalui konser ini kami ingin menunjukkan kualitas-kualitas anggota baru kami kepada penonton, yang mana turut dibantu oleh aggota PSM SSV UMY dari angkatan-angkatan sebelumnya, dan diharapkan melalui konser ini akan semakin memacu anggota PSM SSV UMY untuk semangat dalam berlatih dan juga dalam berkompetisi,”ungakpnya.

Senada dengan yang disampaikan Liya, Ir. Agus Nugroh Setiawan selaku Kepala LPKA UMY (Lembaga Pengembangan Kemahasiswaan dan Alumni) dalam sambutannya mengungkapkan. “Melalui konser ini akan menunjukkan kualitas PSM SSV UMY kepada masyarakat luas, dan diharapkan bagi seluruh anggota jangan cepat puas dengan keberhasilan konser ini, melainkan akan semakin meningkatkan kualitas dan juga kapasitas anggota dalam bernyanyi,”ungkapnya.

Berbagai penghargaan sebelumnya pernah diraih oleh PSM SSV UMY, diantaranya yaitu Meraih Medali perak pada Festival Paduan Suara ITB XIX (2004), Meraih Medali perak pada FPS ITB (2008), Mengadakan konser “The Beauty of Indonesian Folksong” (2009), Peringkat 5 Lomba Paduan Suara Tingkat Kopertis V DIY (2013), Mengadakan konser pamit “Survival” (2015), dan terakhir Meraih Medali Gold dan Siver dalam ajang International Choir Competition Grand Prix Pattaya di Thailand (2015).
“Rencana kedepannya kami akan kembali mengikuti kompetisi Paduan Suara Tingkat Internasional di Korea Selatan pada tahun 2017,”tutup Liya. (adam)