Tumbuhkan Semangat Nasionalisme Melalui Mural

Maret 3, 2012 oleh : BHP UMY

Semangat nasionalisme dikalangan remaja saat ini mulai tergerus akibat maraknya budaya asing yang masuk ke Indonesia. Melihat fenomena tersebut maka Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta  (BEM-UMY) melalui Kementerian Budaya dan Kreatifitas Mahasiswa  menyelenggarakan Lomba Adu Mural antar pelajar SMA/SMK se-DIY. Lomba mural ini merupakan bagian dari Pentas Seni Nusantara BEM UMY.

Demikian disampaikan oleh M. Zuhaldi Feriawan ketua pelaksana kegiatan saat ditemui disela-sela acara bertempat di halaman University Residence (UNIRES) Putri bagian selatan Kampus Terpadu UMY, Sabtu (3/3).

Menurut Zuhaldi, mural dipilih karena selama ini mural identik dengan gambar-gambar dan tulisan yang tidak jelas maknanya. “Sekarang mural bisa kita manfaatkan menjadi sebuah media penyampaian pesan kepada banyak orang dengan tulisan maupun gambar-gambar unik dan kreatif serta memiliki makna” jelasnya.

Zuhaldi mengungkapkan lomba ini mendapatkan respon yang positif dikalangan pelajar dan diikuti oleh 50 tim peserta yang berasal dari berbagai daerah di DIY. “Peserta dalam lomba ini terdiri dari SMA N 5 Yogyakarta, SMA N 11 Yogyakarta, SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta, MA Muallimin Muhammadiyah Yogyakarta, SMA BOPKRI 2 Yogyakarta, SMA N 1 Mlati, MAN Wonokromo, SMA Muhammadiyah 1 Bantul, SMA N 1 Sedayu, SMA N 4 Magelang, SMA N 1 Sedayu, SMK N 3 Yogyakarta, SMK Muhammadiyah 2 Yogyakarta dan SMK N 1 Kalasan” ungkapnya.

“Peserta menuang kreatifitas muralnya disepanjang tembok pagar UNIRES Putri dengan beragam gambar dan tulisan sehingga pesan yang disampaikan dapat dilihat dan dimaknai setiap pengguna jalan disekitarnya” paparnya.

Zuhaldi menambahkan bahwa kegiatan ini juga untuk memeriahkan peringatan Milad ke 31 tahun UMY. “Acara ini kami selenggarakan juga untuk memeriahkan Milad UMY yang ke 31 tahun, sehingga bukan hanya kami para mahasiswa aja yang merasakan peringatan MILAD UMY ini tapi juga para peserta yang datang dari berbagai daerah di DIY” tambahnya. (sakti)

Sharing is caring!