Tingkatkan Tri Darma PT, UMY Hibahkan 700 Juta

Desember 28, 2011 oleh : BHP UMY

Untuk Dosen Tri Darma Perguruan Tinggi yang meliputi pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat merupakan sesuatu yang menjadi perhatian bagi setiap perguruan tinggi. Untuk itu melalui Lembaga Penelitian, Pengembangan Pendidikan, dan Pengabdian Masyarakat Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (LP3M-UMY) memberikan hibah sebesar 700 juta rupiah bagi para dosen untuk melaksanakan Tri Darma tersebut.

Hal ini disampaikan oleh Dr. Mukti Fajar ND., SH., M.Hum dalam sambutannya pada acara penyerahan hibah penelitian dan pengabdian masyarakat di Kampus Terpadu Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Rabu, (28/12). Mukti menjelaskan bahwa penyerahan hibah kepada dosen tersebut memiliki alasan dan tujuan yang cukup jelas. “Selama ini kami melihat masih sangat rendah dosen yang mengabdikan dirinya pada masyarakat sehingga hibah ini kami berikan dan memiliki tujuan antara lain untuk peningkatan akademik bagi dosen, menerapkan ilmu pengetahuan yang berlandaska visi dan misi UMY dan tentunya melaksanakan Tri Darma perguruan tinggi yang sebenarnya” jelasnya.

Selain itu Mukti juga mengungkapkan bahwa dana hibah sebesar 700 juta rupiah tersebut merupakan bagian dari anggaran belanja tambahan (ABT) UMY. “Dana hibah yang kami berikan berjumlah total 700 juta rupiah sesuai dengan jumlah proposal yang telah di danai yang telah dibagi dalam tiga jenis yaitu Penelitian Strategis, Pengabdian dan Penelitian Pendidikan” ungkapnya.

“Penelitian strategis dengan jumlah proposal yang diajukan 31 proposal, yang didanai sebanyak 20 proposal, untuk kategori pengabdian dibagi menjadi tiga macam yaitu pengabdian reguler dengan jumlah yang diajukan sebanyak 21 proposal namun yang didanai sebanyak 17 proposal, pengabdian unggulan yang ajukan sebanyak 3 proposal dan seluruhnya didanai, dan untuk kuliah kerja nyata (KKN) sebanyak 4 proposal juga didanai semua. Kategori terakhir yaitu penelitian pendidikan berupa buku teks, jumlah proposal yang diajukan sebanyak 14 proposal juga didanai semua” pungkasnya.

Mukti berharap dengan penyerahan hibah ini dapat meningkatkan Tri Darma Perguruan Tinggi. “Semoga dengan hibah ini Tri Darma Perguruan Tinggi dapat di laksanakan dengan baik juga dapat memberikan sumbangsih yang nyata dari universitas kepada masyarakat serta ada hasil yang nyata dari akademisi yaitu para dosen untuk pengembangan diri yang berdampak bagi perkembangan institusi” harapnya.