Tingkatkan Minat Belajar Robotika, Mahasiswa Teknik Elektro UMY Selenggarakan Workshop Robotic

Januari 13, 2011 oleh : BHP UMY

Dunia robotika dalam beberapa tahun ini telah menjadi tren tidak hanya di dunia perguruan tinggi tetapi juga di kalangan Sekolah Menengah Atas (SMA). Dibuktikan banyaknya kompetisi robot yang diselenggarakan.

Oleh karena itu untuk semakin mengenalkan dunia robot kepada anak-anak SMA dan juga Perguruan Tinggi, mahasiswa Teknik Elekro Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) menyelenggarakan Workshop dan Pelatihan Robotic mulai Rabu hingga Kamis (12-13/1) di Kampus Terpadu UMY. Kegitan ini diikuti oleh siswa-siswa SMA dan mahasiswa Perguruan Tinggi di Yogyakarta dan Semarang.

Menurut Koordinator pelatihan, Ilham Lutfil Anam, selain banyaknya kompetisi robot di SMA-SMA juga terdapat ekstrakurikuler terkait robot. “Namun seringkali ekstra robotika tersebut banyak yang berhenti. Mungkin karena mereka belum terlalu paham mengenai robotika dan mikrokontroler. Sehingga dengan kegiatan ini semoga mereka lebih paham dan makin tertarik untuk mempelajari robotika,”urai Ilham.

Selama dua hari pelatihan, dalam penuturannya para peserta akan diberikan pelatihan mulai dari dasar. “Para peserta akan diberikan pelatihan mulai dari pengenalan apa itu robotika, mengenal mikrokontroler, bahasa pemrograman serta perakitan robot. Selain itu diberikan ilmu dasar yang diperlukan untuk belajar robotika seperti kinetika, dinamika, mekanika dan elektronika,”paparnya.

Kinetika dijelaskan Ilham, merupakan ilmu gerak di ruang tiga dimensi. Sedangkan dinamika digunakan untuk memahami perihal proses pergerakan sistem terutama tentang stabilitas dinamis dan kelincahan serta keleluasaan gerak dan permasalahan energi mekanis yang terlibat. “Mekanika digunakan untuk memahami fungsi bagian-bagian dan secara menyeluruh serta tentang keseimbangan statis. Sedangkan elektronika berhubungan dengan alat dan energi elektrik yang diperlukan serta perangkat keras dan perangkat lunak pengindera, penyimpan, pengolah hingga pengetur isyarat atau sinyal pembawa informasi atau pengendali.”tambahnya.

Terkait dengan robotika dijelaskan Ilham nantinya akan bermanfaat bagi para peserta. “Akan meningkatkan kemampuan soft skill mereka. Selain itu ketrampilan mereka mengenai elektronika, perakitan robot maupun bahasa pemrograman juga akan meningkat,”ujarnya. Jika dilihat dari fungsi atau tujuannya robot dapat dibedakan beberapa macam. “Robot industri, militer, explorasi serta hiburan,”katanya.

Terkait banyaknya kompetisi robotika, salah satunya yaitu Robot Line Follower. “Sesuai dengan namanya maka robot line follower bekerja mengikuti suatu garis. Dalam dunia industri robot ini dapat digunakan untuk robot pengangkut barang yang bekerja dengan mengikuti garis yang ditentukan jadi tidak perlu sopir kemudi.”jelasnya.