Tingkatkan kompetensi lulusan dan kualitas pendidikan, UMY ikat kerjasama

Desember 16, 2010 oleh : BHP UMY

Dalam meningkatkan kualitas pendidikan, civitas akademis, dan kompetensi lulusannya, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) mengikatkerjasama dengan beberapa mitra institusi pendidikan, baik dari dalam dan luar negeri. Kerjasama yang dilakukan tersebut juga menjalin persahabatan antar mahasiswa dari kedua belah pihak.

Pengembangan kerjasama dengan institusi pendidikan luar negeri dicetuskan dalam rangkaian Memorandum of Understanding (MOU) antara UMY- Chinese Culture University (CCU), di lobi Rektorat, Rabu (15/12). Tampak hadir pula Director of International Office CCU, Wei Yung Chang.

Menurut Presiden CCU, Dr. Wann Yih Wu, pihaknya memberikan kesempatan bagi lulusan UMY untuk mendapatkan beasiswa penuh dengan gelar Master, khusus bidang tertentu antara lain jurnalistik, bisnis, dan bioteknologi. Rangkaian ini juga diharapkan dapat dilanjutkan dengan adanya joint research project, termasuk study tour bagi mahasiswa CCU selama kurang lebih sepekan untuk lebih mengenal UMY dan sejarah Yogyakarta pada umumnya.

Sementara itu, Rektor UMY, Dasron Hamid, M.Sc mengatakan, kedua universitas telah menginisiasi adanya kerjasama didasarkan kepentingan yang memberi kemanfaatan bagi kedua belah pihak. “Kerjasama tersebut dapat melalui pertukaran mahasiswa, staf, dan dosen untuk mengikuti perkuliahan, pembelajaran, serta riset,” terangnya. Selain itu, pertukaran juga dapat diwujudkan dengan materi perkuliahan, literatur akademis dan pengetahuan.

Sebelumnya, UMY melalui Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIPOL) telah mengadakan kerjasama dengan Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri Sultan Thaha Saifuddin (STS) Jambi dalam bidang pendidikan dan pengajaran, penelitian, serta pengabdian masyarakat, di ruang Sidang FISIPOL UMY, Selasa (15/12).

Dekan FISIPOL UMY, Dr. Ahmad Nurmandi mengatakan penandatanganan nota kesepakatan bersama antara FISIPOL UMY-STS Jambi merupakan upaya meningkatkan kompetensi lulusan, khususnya jurusan Ilmu Pemerintahan (IP) yang banyak menjadi staf pengajar di STS Jambi tersebut.

Sementara itu, Dekan Fakultas Syariah STS Jambi, Prof. Hasbi Umar, M.A., Ph.D menambahkan, jika kegiatan perkuliahan saat ini tidak lagi bersifat konvensioanl semata dengan mendengarkan pemaparan dosen di kelas. “Saat ini mahasiswa pun perlu memahami pengetahuan secara aplikatif dengan bertukar pikiran, pendapat, dan melihat dari mitra lain, termasuk sharing info untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia dalam institusipendidikan,” terangnya. Rangkaian kerjasama tersebut ditutup dengan pertandingan persahabatan futsal antara mahasiswa IP UMY dengan STS Jambi yang saat itu membawa 51 mahasiswanya.