Tim UMY Siap Bertanding dalam KRI Regional 3

April 16, 2018 oleh : BHP UMY

Rektor Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) Dr. Ir. Gunawan Budiyanto, MP. melepas keberangkatan 16 mahasiswa Teknik Elektro sebagai peserta dalam Kontes Robot Indonesia (KRI) Regional 3 yang diselenggarakan pada Senin-Rabu (16-18/4) di Universitas PGRI Semarang. Pelepasan keenam belas mahasiswa sebagai perwakilan UMY dalam KRI Regional 3 tersebut dilakukan pada Senin (16/4) di Lobi Rektorat UMY.

Dalam sambutannya, Rektor UMY mengungkapkan apresiasinya kepada tim KRI UMY yang telah berhasil lolos untuk mengikuti KRI Regional. Selain itu, menurut Gunawan, KRI Regional 3 kali ini juga menjadi tantangan tersendiri bagi UMY. Sebab UMY akan kembali menjadi Tuan Rumah KRI tingkat Nasional pada 11 hingga 14 Juli 2018 mendatang. “Selamat jalan, serta terima kasih atas jerih payah dan usaha, juga komitmen yang kalian lakukan. Mudah-mudahan tim KRI UMY dapat sukses pada KRI Regional 3 ini, dan mudah-mudahan ini saatnya bagi UMY untuk bisa dilihat oleh nasional,” ujarnya.

Disebutkan oleh Rama Okta Wiyagi, S.T., M.Eng., selaku dosen pembimbing, dari empat kategori yang diselenggarakan, UMY mengirimkan 16 mahasiswa yang tergabung dalam 3 tim untuk 3 kategori. Yakni Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI) 6 mahasiswa serta 1 pendamping Rama Okta Wiyagi, S.T., M.Eng., Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI) 3 mahasiswa dengan dosen pendamping Muhamad Yusvin Mustar, S.T., M.Eng., dan Kontes Robot Sepakbola Beroda Indonesia (KRSBI) 7 mahasiswa yang didampingi oleh Kunnu Purwanto, S.T., M.Eng. Dalam KRI Regional 3 ini, Tim UMY nantinya akan menghadapi tim dari Jawa Tengah, serta Kalimantan bagian timur dan selatan.

Rama menuturkan bahwa, Tim UMY sudah mempersiapkan diri untuk bertanding dalam KRI ini sejak Agustus tahun lalu untuk kategori KRAI dan sudah 8 tahun untuk KRPAI. Ia pun menambahkan bahwa robot pemadam merupakan andalan tim UMY. ‚ÄúRobot pemadam merupakan andalan karena di regional kemarin mendapatkan peringkat 2. Kami juga berharap agar dalam pertandingan nanti bisa lancar seperti saat latihan,” imbuhnya. (pras)