Tim UMY Juarai Kompetisi Essay FALAH 2017

September 26, 2017 oleh : BHP UMY

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta berhasil menjadi juara pertama lomba essay pada Festival Ilmiah 2017 yang dilaksanakan di Universitas Airlangga, dan diumumkan pada 20 September yang lalu. Tim UMY tersebut diwakili oleh Candra Kusuma Wardana, mahasiswa jurusan Manajemen (2015), Meisya Rani mahasiswa jurusan Ilmu Ekonomi (2016) serta Rido Argo Mukti mahasiswa Ilmu Pemerintahan (2014). Tim UMY menjadi juara pertama setelah mengalahkan dua tim dari Universitas Indonesia yang menjadi juara dua dan tiga.

Menurut Candra Kusuma Wardana, saat diwawancarai pada Selasa (26/9), lomba essay yang diadakan oleh Universitas Airlangga ini bertemakan “Utilisasi Instrumen Filantropi Islam dalam mewujudkan SDGs di Indonesia”. Tema tersebut menjelaskan bagaimana mengoptimalkan filantropi Islam untuk bisa memiliki kebermanfaatan bagi masyarakat dengan beberapa sub tema. “Persiapan yang kami lakukan untuk menghadapi lomba tersebut sebenarnya sudah lama. Tepatnya setelah liburan semester genap kemarin. Pada awalnya, kami mengetahui lomba FALAH (Festival Ilmiah) dari sebuah grup GESFID (Group of Economic Student for Future Indonesia) grup yang bergerak di bidang keilmuan. Kemudian kami langsung mengolah data, diskusi dengan kakak tingkat, lalu melakukan observasi ke Gunung Kidul, tepatnya di Pantai Siung. Ide ini juga dibilang baru dan unik lantaran merupakan kolaborasi ide, serta mengacu pada penelitian salah satu dosen FEB UMY, Prof. Akhyar Adnan,” jelas Candra.

Pada persepuluh besar, tim Universitas Muhammadiyah Yogyakarta menjadi satu-satunya tim dari universitas swasta yang lolos dalam lomba Festival Ilmiah 2017. Selain dari Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, ada pula dua tim peserta dari Universitas Indonesia (UI), Universitas Diponegoro (UNDIP), Universitas Airlangga (UNAIR) tiga tim, Universitas Hassanudin (UNHAS), Institus Pertanian Bandung (IPB) dan Universitas Trunojoyo Madura.

“Kami sempat tidak menyangka kalau kami bisa lolos sampai akhir. Karena hanya kami yang berasal dari universitas swasta. Namun kami berhasil melakukan presentasi terbuka di depan kelompok lain. Dengan persiapan materi yang kami punya, bahkan sampai koreo presentasi pun kami perhitungkan,” tambah Candra.

Candra beserta timnya mengaku senang dan bangga dapat ikut serta dalam Festival Ilmiah 2017 tersebut. Tidak hanya menjadi juara, serta ilmu baru yang di dapatkan, tetapi dia juga mengungkapkan kebanggaannya karena dapat mengalahkan tim-tim hebat dari universitas lain dari seluruh Indonesia. (darel)