Tim Kesehatan PIMNAS UMY Siaga 24 jam

Juli 9, 2012 oleh : BHP UMY

Demi menjamin kesehatan para peserta Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke 25 yang diselenggarakan di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), tim kesehatan  yang beranggotakan sekitar 80 personel telah disiapkan untuk selama 24 jam.  Tim Kesehatan yang mendapat dukungan penuh dari Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) UMY  menerjunkan 9 dokter umum , 14 orang perawat dan  60 Mahasiswa. 

“Dalam pelaksaananya, tidak hanya dokter umum yang siap 24 jam dalam pelaksanaan PIMNAS tetapi juga melibatkan konsultan kesehatan untuk menjamin kesehatan para peserta”, jelas dr. Muhammad Kurniawan, koordinator tim Kesehatan PIMNAS 25 UMY saat ditemui di kampus terpadu UMY pada Senin (09/07).

Dokter muda yang akrab disapa Wawan ini juga menjelaskan bahwa ada strategi khusus untuk demi terjaminnya kesehatan para peserta PIMNAS 25 UMY yakni mulai dari langkah pertama, yakni screening kondisi para delegasi melalui formulir yang dibagikan pada saat registrasi pertama berlangsung. Peserta PIMNAS diwajibkan mengisi lembar Rekam Medis (RM) untuk mendapatkan informasi awal tentang kondisi kesehatan peserta. Hal ini dapat meminimalkan resiko apabila peserta pernah mempunyai penyakit yang mungkin akan kambuh sewaktu kegiatan berlangsung. Apabila ditemukan risiko sakit, peserta PIMNAS yang bersangkutan akan dipantau secara pasif.

Tahap kedua setelah melewati screening pertama kesehatan  apabila ada keluhan dari para peserta adalah langsung ada penindaklanjutan yang dilakukan oleh dokter umum yang siaga melalui metode emergency respond.  Apabila setelah melalui metode emergency respond peserta masih memerlukan penanganan lanjutan maka akan langsung dirujuk ke rumah sakit mitra PIMNAS 25 UMY melalui RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta.

Wawan menambahkan, fasilitas penunjang kesehatan yang terbaik sudah dipersiapkan bagi peserta PIMNAS 25 UMY. Kelengkapan meliputi obat-obatan, ambulans, tenda komando transit kesehatan untuk penanganan peserta yang memerlukan tidakan lanjutan sudah disiapkan. Selain itu, Mini Hospital dengan selimut serta ruangan ber-AC terletak di FKIK UMY juga telah disiapkan beroperasi selama 24 jam penuh.