Tim Debat UMY Jadi Nomor 1 Di Kompetisi Debat Nasional

Mei 7, 2018 oleh : BHP UMY

Prestasi kembali diraih oleh tim debat mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY). Yopi Irianto Panut (HI 2013), Faisal Bahrun (HI 2014) dan Muhammad Dito Alifa (HI 2014) berhasil menjadi juara pertama dalam ajang Kompetisi Debat Nasional Mahasiswa (KONBAWA) yang diselenggarakan oleh Korps Mahasiswa Hubungan Internasional UMY Divisi Bahasa dan Budaya.

Dalam kompetisi debat skala nasional yang mengangkat tema bahasa sebagai media dalam pemahaman dan pengetahuan lintas budaya, tim UMY tidak hanya meraih juara 1 namun salah satu anggota tim debat Kaure ini juga meraih penghargaan sebagai best speaker yaitu Yopi Irianto Panut.

Tim Kaure dari UMY ini berhasil menjadi nomor 1 dari 13 tim yang terdiri dari 10 universitas. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU), Universitas Padjajaran (UNPAD), Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Universitas Brawijaya (UB) Malang, Universitas Atmajaya Yogyakarta (UAJY), UIN-Syarif Hidayatullah Jakarta, Universitas Gajah Mada (UGM), Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Syiah Kuala Aceh (UNSYIAH), Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), dan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY).

Pada kompetisi tersebut, Tim Kaure UMY berhasil mengalahkan Tim Bahasa Makian Dalam dari Universitas Negeri Jakarta pada perdebatan final dengan mosi Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 20 Tahun 2018 tentang mekanisme masuknya tenaga kerja asing (TKA). Pada perdebatan tersebut Tim UMY bertindak sebagai pihak kontra atau oposisi yang harus mempertahankan argumennya untuk kontra terhadap mosi tersebut. (pras)