Tim Broadcaster Nilai Pelaksanaan ABU Robocon 2015 di UMY Sangat Baik

Agustus 24, 2015 oleh : BHP UMY

Pada ajang kompetisi robot badminton ABU Robocon 2015 yang diikuti oleh 18 negara di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) pada Minggu (23/8),tim broadcaster dari masing-masing negara perwakilannya menilai sukses penyelenggaraan kontes ini. Ke 18 broadcaster tersebut terdiri dari China Central Television (CCTV), Egyptian Radio and Television Union (ERTU), Fiji TV (Fiji Television Limited), RTHK (Radio Television Hong Kong), DDI India (Doordarshan), Televisi Republik Indonesia (TVRI), IRIB (Islamic Republic of Iran Broadcasting), NHK (Japan Broadcasting Corporation), KA (Khabar Agency), KBS (Korean Broadcasting System), RTM (Radio Television Malaysia), MNB (Mongolian National Public Radio and Television), NTV (Nepal Television Corporation), PTV (Pakistan Television Corporation), RTR (Russian State Television and Radio Broadcasting Company), ITN (Independent Television Network), MCOT (Modernine Public Company Limited), dan VTV (Vietnam Television).

Setelah 10 tahun mengikuti kompetisi Robocon, tim broadcaster dari RTHK Hong Kong mengungkapkan, Indonesia untuk pertama kalinya menjadi tuan rumah ABU Robocon, dan UMY yang dipercaya sebagai penyelenggara dinilai berhasil dalam menyelenggarakan kompetisi robot terbesar se Asia-Pasifik ini. “Venue yang digunakan untuk kompetisi robot sangat pantas untuk menyelenggarakan kompetisi robot kelas Internasional seperti ini, dan saya rasa UMY beruntung memiliki sportorium yang cukup besar ini,” ungkap Lee Tze Leung, selaku produser RTHK Hong Kong.

Ditambahkan Lee Tze terlepas dari kekagumannya terkait Sportorium, ia mengungkapkan dari keseluruhan peserta dari berbagai negara tersebut juga terlihat sangat antusias dan menikmati pertandingan dengan cukup baik. “Dengan mengangkat tema Robominton menurut saya di tahun ini Robocon sangat menarik. Robot-robot yang disiapkan oleh peserta yang terdiri dari berbagai negara juga memiliki kualitas dan kemampuan yang sangat baik,” ungkapnya.

Megumi, selaku sekretariat NHK turut menuturkan, fasilitas dan LO (Liaison Officer) yang telah disiapkan oleh panitia, dinilai sangat baik. “Berbagai fasilitas yang telah dipersiapkan seperti tempat pertandingan, tim kesehatan, serta kemanan sudah sangat baik, saya merasa senang telah dilayani dengan cukup baik oleh LO yang bertugas,” ungkapnya.

Megumi juga berharap, kerjasama yang akan dilakukan oleh NHK dengan Indonesia, khususnya UMY tidak hanya berakhir di ABU Robocon saja. “Saya berharap suatu saat nanti akan terjalin kerjasama kembali antara NHK dengan UMY melalui kesempatan yang lain,” tambahnya.