Tim Alfa Teknik Sipil UMY Raih 8 Besar Internasional Asia Bridge Competition 2019

September 17, 2019 oleh : BHP UMY

Prestasi kembali ditorehkan oleh mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) dalam kompetisi bergengsi Internasional yaitu Asia Bridge Competition 2019. Kompetisi yang diselenggarakan di Fakultas Teknik Universitas Brawijaya, Malang, Jawa Timur tersebut berlangsung selama dua hari (24-26/08) lalu. Tim Alfa dari mahasiswa Teknik Sipil UMY berhasil meraih juara 2 di kategori Nasional dan juara 8 kategori Internasional.

Ditemui oleh tim jurnalis Biro Humas dan Protokol UMY, Dr. Seplika Yadi, ST., M.T. menjelaskan bahwa ini kedua kalinya tim dari Teknik Sipil UMY mengikuti Asia Bridge Competition. “Pertama digelar dulu di Thailand, tim dari Teknik Sipil UMY mengirimkan mahasiswanya untuk mengikuti kompetisi tersebut. Alhamdulilah setelah mengikuti yang kedua kalinya, tim dari UMY berhasil meraih juara 8 untuk kategori Internasional dan juara 2 untuk kategori Nasional,” jelasnya saat dihubungi pada Selasa (17/9).

Dr. Seplika juga menegaskan bahwa ada beberapa kategori yang dinilai oleh dewan juri. “Ada tujuh kategori yang dinilai pada saat kompetisi berlangsung, pertama total cost, presentasi desain konsep, structural cost, construction cost, estetika, dan prediksi hasil analisis. Pada kesempatan ini juga, UMY berhasil mendapatkan penghargaan untuk kategori best total cost, best presentation, best structural cost, best construction cost, dan best prediction of deflection,” ungkapnya selaku dosen Pembimbing

“Kompetisi yang bertujuan untuk mengasah kreatifitas mahasiswa khususnya pada pembangunan jembatan rangka baja keras tersebut, tentunya harus dipersiapkan sematang dan sebaik mungkin. Guna menghasilkan tim yang siap bersaing membawa nama baik Universitas. Saat ini, tim dari Teknik Sipil UMY juga tengah mempersiapkan dari jauh-jauh hari untuk kompetisi-kompetisi bergengsi yang akan datang,” tutup Dr Seplika (CDL)