TI UMY Gelar Workshop Persiapan Masuki Dunia Kerja Bersama Alumni

Juli 22, 2019 oleh : BHP UMY

Dalam rangka menjembatani persiapan mahasiswa yang akan memasuki dunia kerja, Program studi Teknik Informatika (TI) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) menggelar temu alumni sekaligus diskusi mengenai tips dan trik memasuki dunia kerja. Acara Workshop Sharing Of Knowledge And Experience With IT Alumnus dengan tema “Make The Greatest Thing With Your Greatest Knowledge And Experience” ini diselenggarakan di Ruang Sidang Pascasarjana kampus terpadu UMY, pada sabtu (20/7).

Dalam sambutannya Titis Wisnu Wijaya S,Pd., M.Pd. sebagai wakil kepala prodi Teknik Informatika UMY menyampaikan bahwa acara ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan tentang Teknologi Informasi mahasiswa di dalam dunia kerja yang disampaikan oleh para alumnus TI UMY. Selain itu juga untuk menjembatani mahasiswa yang akan masuk dunia kerja di bidang TI.

“Di dalam tuntutan dunia kerja yang semakin tinggi terutama di bidang TI, TI UMY berupaya meningkatkan kemampuan civitas akademikanya untuk terus menjembatani mahasiswanya dalam mewadahi kemampuan TI mereka. Sudah banyak alumnus TI UMY yang bekerja di perusahaan TI ternama bahkan mempunyai startup sendiri. Startup merupakan hal yang sudah tidak asing lagi di dunia TI, maka dari itu mahasiswa TI UMY harus bisa membuat startup sendiri,” papar Titis.

Bandar Barokah,, PNIIT, S.T. sebagai salah satu alumni TI UMY dan sekaligus pembicara menyampaikan bahwa mahasiswa TI UMY harus aktif dan kreatif dari semenjak kuliah, untuk mempersiapkan diri dengan skill yang mereka pelajari selama kuliah sesuai dengan bidang keahliannya. “Entah itu programmer, networking, information security, database, maupun software development. Lulusan TI UMY harus bisa membuat startup sendiri, jangan malah lulus bingung mencari pekerjaan, parahnya lagi kerjanya tidak sesuai jurusannya, sayang sekali ilmu yang sudah dipelajari selama 8 semester tidak dipakai, “ tegas alumnus TI UMY angkatan 2012 yang saat ini bekerja di PT Gunta Samba Jaya Kalimantan Timur.

Hal senada juga disampaikan Faizal Muhammad Rasyid, PNIIT, S.T. “Mahasiswa TI UMY harus mempunyai skill berbicara karena jika seorang ahli TI sudah mempunyai keahlian yang bagus tetapi skill berbicaranya kurang pasti akan kacau nantinya jika berkomunikasi dengan rekan kerjanya. Keahlian TI dan kemampuan berbicara adalah satu kesatuan yang utuh yang harus dimiliki seorang ahli TI, “ jelas alumnus angkatan 2011 yang juga merupakan Co-Founder PT Tamadun Teknologi Internasional (Tamtech). (ads)