Targetkan 2021 Program Vokasi UMY ke Tingkat Internasional

Oktober 23, 2017 oleh : Una

Program Vokasi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) selalu berupaya untuk meningkatkan kapasitas pendidikan baik tingkat nasional maupun internasional. Di tingkat nasional Program Vokasi khususnya Jurusan D3 Teknik Mesin sedang berupaya menjajaki akreditasi BAN-PT untuk mendapatkan akreditasi yang lebih baik. Untuk tingkat internasional, Program Vokasi mentargetkan akan tercapai pada tahun 2021.

Perihal diatas disampaikan Direktur Vokasi UMY Dr. Bambang Djatmiko,S.E.,M.Si di depan dua visitor dari BAN-PT yang datang ke UMY pada senin (23/10) di Gedung KH.Mas Mansnyur Kampus Terpadu UMY untuk menilai kinerja Program Vokasi UMY Jurusan D3 Teknik Mesin. Bidang yang diniliai mulai dari segi belajar mengajar yang dilaksanakan hingga kinerja dosen, staff, dan mahasiswa. Dua visitor yang hadir dalam kegiatan tersebut adalah Prof. Dr. Ir H. Abdul Makhsud,DEA dan Suharyadi Pancono, Dipl.EL.lng.HTL,M.T.

Dalam kesempatan tersebut Bambang Djatmiko mengatakan beberapa tahapan rencana strategis yang akan dicapai hingga tahun 2021. Mulai dari peningkatan di bidang publikasi dan pengabdian masyarakat, hingga menuju unggul dan internasional 2021. “ Di tahun 2020 akan berfokus pada peningkatan publikasi jurnal ilmiah dan pengabdian masyarakat sebagai implementasi dari tri dharma peruguran tinggi sedangkan pada 2021 akan target kami akan menjadi unggul dan internasional,” tuturnya.

Senada dengan itu, Yordan Gunawan Kepala Kantor Urusan Internasional (KUI) UMY juga memaparkan bahwasanya kerjasama UMY dengan pihak luar negeri juga telah banyak dilakukan dan kerjasama tersebut tidak hanya dalam satu bidang namun lebih general. Tidak lupa juga termasuk di dalam perjanjian tersebut mengenai magang dan transfer kredit terhadap program Vokasi khususnya D3 Teknik Mesin.

Selain itu, M.Abdus Shomad, S.Sos.I., S.T,M.Eng selaku Kepala Jurusan D3 Teknik Mesin juga memaparkan mengenai prestasi yang berhasil diraih dalam kurun waktu 5 tahun terahir diantaranya kemenangan Team Aeromodeling di Kategori Outdoor Hand Launched Gider (OHLG) hingga kesuksesan dalam melaksanakan pengabdian masyarakat berupa Koperasi Pupuk Organik. (Zaki)

Sharing is caring!