Sultan: PIMNAS ke 25 Wujud Kreativitas dan Intelektualitas Mahasiswa

Juli 10, 2012 oleh : BHP UMY

Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke 25 yang besok akan mulai digelar di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) harus menjadi perwujudan kreatifivitas mahasiswa. Perwujudan tersebut diwujudkan dalam penalaran ilmiah yang tersusun secara akademis serta dapat mengasah  kemampuan peningkatan peran mahswa secara bertahap dan berjenjang.

Demikian sambutan dari Gubernur DIY Sultan Hamengkubuwono X yang disampaikan oleh Raden Mas Astungkoro, SH, M.Hum Asisten Pemerintahan dalam acara Welcome Dinner yang diselenggarakan di Pagelaran Keraton Yogyakarta, Senin (9/7) malam. Acara ini juga dihadiri oleh Rektor UMY Ir. H. M. Dasron Hamid, M.Sc dan mahasiswa peserta PIMNAS ke 25.

Dalam sambutan tertulisnya Sultan mengungkapkan pemerintah DI Yogyakarta sangat mendukung pelaksanaan kegiatan ini mengingat Jogja adalah kota pelajar. “Kami sangat mendukung kegiatan PIMNAS ke 25 ini karena  dapat memupuk minat mahasiswa untuk membuat karya ilmiah yang dapat mengangkat  perguruan tinggi mereka dan bermanfaat bagi  masyarakat” ungkap Raden Mas Agus saat membacakan sambutan tersebut.

Sultan juga menyampaikan bahwa PIMNAS ke 25 ini sebagai peluang yang baik bagi mahasiswa untuk menggelar karya dan produk sebagai representasi intelektualitasnya.

Sementara itu Rektor UMY, Ir. Dasron Hamid M.Sc dalam sambutannya menjelaskan bahwa PIMNAS merupakan bagian dari komitmen perguruan tinggi sebagai pusat pembentukan karakter generasi muda. “Ini memang sebuah tantangan karena seperti yang diketahui bahwasanya saat ini Indonesia masih kurang memiliki pemimpin berkarakter. Sehingga adanya PIMNAS bisa menjadi upaya untuk menemukan generasi muda calon pemimpin berkarakter.”tegasnya.