Sri Paduka Pakualam IX Lepas Tim Ekspedisi Gunung Elbrus Mapala UMY

Mei 30, 2014 oleh : BHP UMY

 

Mapala 1

Wakil Gubernur DIY Sri Paduka Pakualam IX menyerahkan bendera merah Putih ke Suwarjon Lempo sebagai perwakilan atlet.

Wakil Gubernur DIY Sri Paduka Pakualam IX secara resmi melepas lima orang Mahasiswa Pencinta Alam UMY yang akan melakukan ekspedisi dan pendakian ke Mount Elbrus, Rusia pada 1 Juni mendatang. Dalam acara pelepasan itu Pakualam menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada Singgih Alnin Muttaqin, Ahkmad Rasyid Gandi, M. Fauzan, Saigunsi Bonita Arimi, dan Suwarjon Lempo. Karena para mahasiswa tersebut akan membawa nama DIY dan Indonesia. “Saya menyampaikan apresiasi kepada Mapala UMY yang mempunyai semangat dan tekad untuk mendaki Gunung Elbrus. Semoga jerih payah kalian berbuah keberhasilan dan membawa nama baik DIY dan Negara kita tercinta ini,” kata Pakualam ketika memberikan sambutan di Kepatihan, Rabu (28/5).

Karena akan menghadapi medan yang berat dan jauh berbeda dengan gunung yang ada di Indonesia, Pakualam berpesan kepada para mahasiswa tersebut untuk senantiasa berusaha mengeluarkan kemampuan terbaik. Meskipun akan menemui medan yang ekstrim ketika melakukan ekspedisi, ia meyakini para atlet tersebut akan mampu melewati segala rintangan yang ada karena telah memiliki kemampuan dan persiapan yang matang. Menurutnya dapat mendaki salah satu puncak tertinggi di dunia itu merupakan pengalaman yang berharga dan harus dimanfaatkan sebagai pelajaran agar mampu menaklukkan gunung-gunung lainnya di dalam maupun luar negeri. Hal itu, lanjut Pakualam, akan dapat menaikan citra DIY dan Indonesia di mata dunia.

Ia juga berpesan kepada para atlet untuk selalu memperhatikan faktor keselamtan agar dapat kembali ke tanah air dengan lengkap dan selamat. “Kepada seluruh tima Mapala UMY agar dapat mengeluarkan kemampuan terbaik kalian. Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa melindungi dan meridhoi setiap langkah saudara-saudara agar dapat kembali ke tanah air dengan selamat dan sehat,” lanjutnya.

Sedangkan Rektor UMY Prof. Dr. Bambang Cipto, MA mengingatkan Lempo dan rekannya yang akan berada di Rusia sejak 1 sampai 18 Juni untuk memegang nasihat Pakualam agar dapat menaklukkan puncak tertinggi di daratan Eropa itu. Ia juga berterima kasih kepada Pakualam yang berkenan melepas kelima mahasiswanya itu. “Apa yang menjadi nasihat Sri Paduka Pakualam menjadi pegangan kalianagar dapat mencapai salah satu puncak tertinggi di Dunia,” ungkapnya Acara pelepasan kelima atlet itu ditandai dengan penyerahan bendera Merah Putih oleh Sri Paduka Pakualam IX kepada perwakilan atlet untuk dikibarkan di puncak Elbrus.

Ketua Umum KONI DIY GBPH.H.Prabukusumo.S.Psi, Perwakilan Badan Pelaksana Harian UMY Ir. H.M. Dasron Hamid, M.Sc, serta Wakil Rektor III UMY Bidang Kemahasiswaan Sri Atmaja P. Rosyidi, ST., MSc.Eng., Ph.D., PE, serta orang tua atlet juga turut hadir dalam acara pelepasan itu. Selain melakukan pendakian dan mengibarkan bendera merah putih di puncak Elbrus, tim ekspedisi juga akan melakukan pemecahkan rekor Muri dengan menggunakan baju batik di Gunung Elbrus. Tak hanya itu para mahasiswa tersebut juga akan membuat karya Ilmiah tentang kehidupan Muslim di sekitar Gunung Elbrus, serta mempromosikan budaya Yogyakarta.

Mapala UMY telah melakukan persiapan selama 6 bulan untuk ekspedisi ini. (Fahmy)