SMA Negeri 3 Ciamis Kunjungi UMY Untuk Tentukan Kampus Pilihan

Oktober 14, 2014 oleh : BHP UMY

Para guru dan siswa-siswi SMA 3 Ciamis saat melakukan kunjungan di UMY

Para siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) umumnya mempunyai semangat yang tinggi untuk melanjutkan pendidikan ke tingkat Universitas. Akan tetapi seringkali informasi dan keinginan menentukan arah pendidikan masih belum jelas, sehingga para siswa perlu mencari dan menetapkan pilihan kampus mana yang hendak dituju. Selain itu kunjungan ke universitas ternama juga menjadi penting, agar para siswa termotivasi untuk melanjutkan ke pendidikan yang lebih tinggi.

Itulah yang disampaikan oleh kepala sekolah SMA Negeri 3 Ciamis H. Dede Hidayat, S.Pd.MM.Pd saat menyampaikan sambutannya dihadapan siswa-siswinya yang tengah melakukan kunjungan ke Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY). Kunjungan ini diterima langsung oleh pimpinan Biro Admisi dan Penerimaan Mahasiswa Baru UMY dan bertempatan di ruang sidang Ar. Fachruddin B. lantai 5 Kampus Terpadu UMY, Senin (13/10).

Dalam sambutannya, Dede berharap dengan adanya kunjungan tersebut siswa-siswinya dapat lebih termotivasi untuk melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi. “Harapan kami dengan berkunjungnya kami ke UMY, mampu memotifasi anak-anak kami untuk terus melanjutkan pendidikan ke tingkat universitas agar bisa menjadi orang yang mampu memajukan negeri ini. Selain itu, karena kami melihat seringkali informasi dan keinginan siswa dalam menentukan arah pendidikan ke depan masih belum jelas, sehingga UMY menurut kami adalah pilihan berkunjung yang tepat,” ujarnya.

Berbeda halnya dengan Dede, salah seorang siswa SMA Negeri 3 Ciamis Heri Nugraha, menjelaskan bahwa dengan kegiatan kunjungan ini selain melihat-lihat suasana kota Yogyakarta, dirinya juga berharap dengan kunjungan ini semakin memantapkan niatnya untuk kuliah di Yogyakarta. Karena sebelumnya dirinya memang sudah mempunyai niat untuk kuliah ke Yogyakarta. “Sebenarnya saya memang sudah mempunyai niat sejak lama untuk kuliah di Jogja, dan setelah ini saya berharap keinginan saja semakin mantap untuk melanjutkan niat saya kuliah di jogja. Walaupun sebenarnya saya ikut study tour ini juga karena ingin melihat-lihat kota jogja,” jelas Heri

Di sisi lain, Nira Rahmawati yang juga siswi SMA 3 Ciamis mengungkapkan bahwa setelah mendengar penyampaian dari dosen Hubungan Internasional (HI) Sugeng Riyanto, S.IP,. M.Si, dirinya ingin masuk ke jurusan HI UMY. Karena cita-citanya setelah S1 adalah melanjutkan kuliah ke luar negeri, dan menurut dirinya HI UMY mempunyai peluang untuk merekomendasikan dirinya kuliah keluar negeri.

“Saya jadi ingin kuliah ke UMY, apalagi setelah tadi mendengar penjelasan dari pak Sugeng. Keinginan saya untuk tetap terus melanjutkan kuliah hingga S2 keluar negeri semakin mantap. Karena HI UMY menurut saya dapat memberikan peluang bagi saya untuk mewujudkan impian kuliah ke luar negeri,” ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama pula, selain mendapat presentasi dari jurusan Hubungan Internasional, para siswa juga mendapat penyampaian dari Fakultas Teknik UMY. (Shidqi)