Siswa SMK Muhammadiyah Terbanggi Besar, Lampung Tengah, Kunjungi UMY

Mei 13, 2014 oleh : BHP UMY

_MG_1268Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Muhammadiyah Terbanggi Besar, Lampung Tengah, Provinsi Lampung, Selasa (13/05) pagi bertandang ke Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY). Kunjungan itu dalam rangka kunjungan industri untuk menambah wawasan siswa tentang lingkungan kampus, dan juga sebagai referensi bagi siswa yang akan melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi.

Drs. H. Muhiddin, guru pendamping rombongan siswa SMK Muhammadiyah Terbanggi Besar mengatakan, selain untuk menambah wawasan para siswanya tentang lingkungan universitas, kunjungan itu juga sebagai sarana perbandingan antar kampus, sehingga siswanya mampu untuk menilai kampus mana yang cocok dengan diri mereka dalam hal peningkatan soft skill, sehingga nantinya mudah untuk di terima di dunia kerja.

“Selain menambah wawasan dan rangsangan kepada siswa kami, yang sebagian besar nantinya juga akan kuliah, akan tetapi disisi lain sekaligus sebagai sarana perbandingan kampus mana yang cocok kepada siswa yang akan meningkankan soft skill agar mudah keterima pekerjaan nantinya” ujarnya.

Di lain pihak, Bachtiar Dwi Kurniawan, MPA mewakili Biro Penerimaan Mahasiswa Baru (PENMARU) UMY pada presentasinya di hadapapan puluhan pelajar itu menjelaskan, selain sebagai salah satu kampus terbaik di Indonesia. Saat ini, lanjutnya, UMY juga menjadi satu-satunya kampus yang mempunyai visi dan wawasan global, yaitu ‘muda mendunia’, dengan tetap fokus meningkatkan moralitas bangsa dengan tagline ‘Unggul dan Islami’.

Menurutnya UMY sangat cocok untuk siswa-siswi seluruh Indonesia sebagai sarana pendidikan yang mampu menciptakan generasi unggulan baik dalam kulitas moral maupun intelektual.

Sementara itu, Rita Kusumawati , Sekprodi Ilmu Manajemen-Fakultas Ekonomi UMY yang ikut menyambut para siswa itu menjelaskan, FE UMY adalah salah satu fakultas yang lebih awal fokus dalam peningkatan soft skill mahasiswa. Karena FE UMY adalah yang menerapkan sistem Kurikulim Berbasis Kompetensi (KBK) pertama kali di UMY, menurutnya KBK unggul karena fokus pada peningkatan kualitas soft skill yang sangat baik dan dicari oleh dunia kerja dimasa kini.

“Kami sangat fokus untuk meningkatkan kualitas soft skill mahasiswa, karena kami adalah yang pertama kali menerapkan KBK di UMY, kelebihan KBK itu adalah salah satunya fokus pada peningkatan kualitas soft skill yang di cari oleh dunia kerja di saat ini,” tandas Rita. (Shidqi)