Siswa PAUD dan TPA Generasi Muda Peradaban Umat

November 15, 2012 oleh : BHP UMY

Dalam membangun sebuah peradaban yang dapat mensejahterakan umat dibutuhkan para generasi penerus yang memiliki akhak mulia. Untuk membentuk generasi penerus yang berakhlak mulia ini haruslah dimulai sejak dini, dan salah satunya adalah melalui pemupukan karakter dan akhlak mulia bagi siswa siswi Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA).

Demikian disampaikan Zainuddin Arsyad selaku ketua pantia dalam acara Gema Muharram 1434 H “Membangun Peradaban Dunia Di Bawah Naungan Nilai-Nilai Islam” yang disertai dengan serangkaian perlombaan dari tingkat siswa PAUD dan TPA, MA/SMA, hingga Mahasiswa se-Yogyakarta, Kamis (15/11).

Menurut Zainuddin, mereka juga memilih siswa PAUD dan TPA dalam perlombaan kali ini dengan tujuan agar para siswa dapat bersemangat kembali belajar di TPA. “Selain itu, kami juga ingin membangkitkan kembali TPA – TPA di Yogyakarta ini yang selama ini masih kurang ada gaungnya,” tuturnya.

Rangkaian perlombaan pada acara Gema Muharram kali ini diawali dengan lomba Pawai, Musik (Musabaqah Santri Cilik) yang terdiri dari lomba Pildacil, Musabaqah Tiilawatil Qur’an (MTQ), mewarnai, dan Cerdas Cermat Anak (CCA). “Kami juga mengadakan perlombaan untuk anak SMA/MA dan Mahasiswa se-Yogyakarta berupa lomba MTQ Muda dan Fashion Show Syar’i. Sedangkan khusus untuk mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) kami mengadakan lomba Adzan,” lanjutnya lagi.

Acara yang bertujuan untuk membangun generasi penerus bangsa yang berakhlak sesuai dengan nilai-nilai Islam ini berlangsung sejak Selasa (13/11) hingga Minggu (25/11). Acara yang diselenggarakan oleh Takmir Masjid UMY bekerjasama dengan Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) cabang AR. Fakhruddin Kota Yogyakarta ini juga akan ditutup dengan Training Motivasi oleh Dr. Inu Kencana Syafiie, M.Si.

Zainuddin juga menambahkan bahwa acara ini merupakan acara yang akan berkelanjutan pada tiap tahunnya. “Dan harapannya acara ini bisa berlangsung tiap tahunnya untuk memperingati tahun baru Islam,” tambahnya.

Sementara itu, Atin, guru pembimbing TPA Al-Fatah Mushalla Al-Amin Godekan yang juga menjadi peserta dalam lomba kali ini mengatakan bahwa dirinya dan anak didiknya sangat bersemangat dalam mengikuti perlombaan ini. “Lomba ini sangat bagus untuk anak didik kami untuk menambah wawasan anak-anak. Di samping itu, dari lomba ini mereka bisa saling mengenal anak-anak dari TPA lainnya dan tentunya menambah pengalaman baru bagi mereka,” katanya.