Siswa International Fatih Sultan Mahmed School Istanbul kunjungi UMY

Januari 23, 2018 oleh : BHP UMY

Universitas Muhammadiah Yogyakarta (UMY) mendapatkan kunjungan dari siswa International Fatih Sultan Mahmed School, Istanbul, Turki dan beberapa siswa serta guru dari Madrasah Mualimin Yogyakarta. Kunjungan dilakukan pada tanggal (22/01) di ruang sidang rektorat Universitas Muhamamdiyah Yogyakarta. Delegasi tersebut diikuti oleh 2 pembimbing dan 8 siswa, mereka juga tidak hanya berasal dari Turki, tapi juga Albania dan Mesir. Kunjungan dibuka dengan sambutan dan pengenalan kampus oleh Rektor UMY, Dr Ir Gunawan Budiyanto, MP dilanjutkan dengan presentasi program studi dan sosialisasi UMY oleh Yordan Gunawan, S.H., int.MBA, M.H Director of International Affairs, International Relationship Office (IRO) UMY.

Dr Ir Gunawan Budiyanto MP, menyambut kedatangan mereka di kampus muda mendunia dengan antusias. Gunawan juga menjelaskan mengenai program studi dan ketertarikan mahasiswa asing di UMY. Ia juga menyebutkan bahwa ada mahasiswa Turki yang berkuliah di UMY.

“Kami ucapkan selamat datang kepada seluruh siswa dan pembimbing dari International Fatih Sultan Mahmed School. Kami merasa bangga. Perlu diketahui juga bahwa di sini ada mahasiswa dari Turki, dimana mereka mengambil jurusan Pendidikan Bahasa Inggris. Kami berharap nantinya akan banyak mahasiswa dari Turki khususnya untuk melanjutkan studinya di sini,” tambahnya.

Mahmut Celep, selaku wakil kepala International Fatih Sultan Mahmed School mengungkapkan rasa bahagianya dapat berkunjung ke kampus UMY ini. Ia juga mengungkapkan bahwa di sekolahnya setidaknya ada delapan siswa dari Indonesia.

“Bangga rasanya dapat berkunjung ke sini. Dimana kami juga melihat bahwa terdapat mahasiswa Turki di sini. Semoga setelah kami berkunjung ke sini, siswa kami tertarik untuk masuk ke kampus UMY ini. Di sekolah kami juga terdapat siswa dari Indonesia sebanyak delapan orang. Kami berharap semoga bisa lebih banyak lagi,” ujarnya.

Ali Aulia, Lc. M. Hum, direktur Mualimin Yogyakarta dan selaku dosen Ilmu Komunikasi UMY mengungkapkan bahwa International Fatih Sultan Mahmed School , Istanbul Turki telah melakukan pertukaran pelajar dengan siswa Madrasah Mualimin Yogyakarta. Kegiatan yang dilakukan oleh siswa International Fatih Sultan Mahmed School dimulai dari tanggal 18 Januari hingga tanggal 2 Februari 2018.

“Sebelumnya, kami telah mengirimkan siswa kami ke sana dengan guru pendamping. Dan hari ini merupakan kunjungan balasan dari mereka. Ini merupakan sister school program dari Mualimmin Yogyakarta. Salah satu kegiatan kunjungan balasan ini adalah kunjungan ke UMY, untuk memperkenalkan UMY kepada siswa Turki tersebut. Siapa tahu ada ketertarikan untuk masuk ke Universitas di Indonesia, khususnya universitas naungan Muhammadiyah,” ujarnya. (Darel)