Semangat berkoperasi, KOPMA UMY adakan RAT ke XXIII

Maret 24, 2018 oleh : BHP UMY

Sebagai salah satu unit kegiatan mahasiswa (UKM) yang juga menjadi badan usaha mahasiwa, Koperasi Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (KOPMA UMY) dituntut untuk melakukan proses pembelajaran mengenai bidang kewirausahaan. Pembelajaran di UKM ini memiliki banyak manfaat terutama bagi mahasiswa yang berkecimpung di dunia wirausaha. Mereka dapat belajar, mengembangkan potensi diri, melakukan pelatihan, praktik secara langsung dengan ilmu dan pengalaman yang dimiliki. Dimana pada akhirnya, mahasiswa memang dituntut untuk dapat bersaing dan berkompetisi di luar kawasan Universitas Muhamamdiyah Yogyakarta.

Triana, perwakilan Lembaga Pengembangan Kemahasiswaan dan Alumni (LPKA) UMY menegaskan bahwa sebuah UKM sangat membantu kampus dalam hal pengembangan potensi bagi mahasiswa, baik itu dari segi pendidikan, maupun praktik secara langsung. “Di koperasi menurut saya sangat menjanjikan, karena sistem bagi hasil yang baik. Di sini (kopma) para mahasiswa dapat mengembangkan potensi bisnis yang dimiliki. Baik yang mau belajar ataupun yang memang sudah bisa,” ungkapnya pada acara pembukaan Rapat Anggota Tahunan (RAT) KOPMA UMY yang ke XXIII di gedung Amphitheater pascasarjana UMY.

Ia berpesan kepada seluruh anggota KOPMA UMY bahwa orang sukses memiliki ciri yang dapat menjaga ritme dan memiliki komitmen di setiap organisasi yang diikuti. “Teruslah berinovasi mengikuti perkembangan zaman, selalu megembangkan usahannya dengan baik,” harapnya.

Turut hadir dalam acara pembukaan RAT KOPMA UMY yang ke XXIII, dewan penasehat KOPMA UMY, Hijriyah Oktaviany, S.IP, MM. yang mengakatakan bahwa koperasi yang merupakan ruh perekonomian rakyat haruslah terus exist di kalangan mahasiswa. “Dalam hal ini, koperasi mahasiswa menjadi wadah untuk melatih jiwa entrepreneurship mahasiswa sebelum mereka terjun di dunia kerja nyata ataupun bisnis yang akan digeluti, selepas lulus dari kampus,” ujar Hijriyah.

Ia kembali menambahkan bahwa koperasi mahasiswa selayaknya menjadi sebuah inkubator ide yang dimiliki oleh para anggotanya. Mereka dituntut untuk terus mencari inovasi dan peluang guna memajukan koperasi mahasiswa UMY. “Tidak boleh berhenti mencari inovasi sebanyak-banyaknya serta peluang sebesar-besarnya untuk membangun KOPMA UMY. Agar menjadi lebih dan lebih baik lagi, lebih mengeksplor kemampuan dalam memngembangkan jiwa entrepreneur. Para angota lebih aktif, untuk memajukan koperasi mahasiswa UMY,” tambahnya.

Ketua KOPMA UMY Wisnu Yudhistira mengungkapkan keberhasilan capaian KOPMA UMY 2017 yang dapat menjadi juara dua lomba tangkas terampil koperasi tingkat kota Yogyakarta. Pada tingkat nasional, KOPMA UMY berhasil menjadi top delapan besar pada acara jambore koperasi nasional di Bandung. Tidak hanya sebatas kompetisi saja, KOPMA UMY juga melakukan pengabdian masyarat di lingkup kampus Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Ia kembali mengatakan bahwa KOPMA UMY di tahun 2018 menginjak usia yang ke 23 tahun. “Semoga terus maju dan melahirkan ide-ide yang mengikuti zaman,” tutupnya.