S3 PPI UMY Adakan Academic Writing

September 29, 2017 oleh : BHP UMY

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dalam meningkatkan mutu pendidikannya selalu memberikan pelayanan yang terbaik. Ini dibuktikan dengan diselenggarakan sebuah kegiatan Academic Writing and Publishing for academic journal yang dilakukan oleh program S3 Psikologi Pendidikan Islam (PPI UMY), di gedung Pascasarjana UMY lantai 3, Jum’at (29/9).

Dalam kesempatan tersebut, program S3 Psikologi Pendidikan Islam UMY mendatangkan pembicara dari Lyon College Arkansas, Amerika Serikat, Prof. Martha Catherine Beck. Saat memberikan materi kepada mahasiswa, ia memberikan motivasi agar mahasiswa S3 PPI UMY terus mencoba menulis. Selain itu, ia juga menjelaskan tentang bagaimana menulis jurnal internasional dari berbagai perspektif. Sebab menurutnya, jurnal juga memiliki berbagai macam perspektif.

Sementara itu, Dr. Aris Fauzan, S.Ag, M.A. selaku penyelenggara academic writing, mengungkapkan bahwa diadakannya kegiatan tersebut agar mahasiswa PPI UMY tidak hanya bisa menulis jurnal saja, tapi juga bisa mempublikasikannya hingga level internasional. “Acara ini bertujuan agar dapat mengarahkan mahasiswa untuk menulis jurnal ilmiah internasional. Tapi bukan hanya mampu menulis, namun mahasiswa juga dapat mempublikasikan jurnal ilmiah internasional,” ujarnya.

Aris juga menambahkan nantinya output dari kegiatan ini adalah sebuah jurnal yang ditulis oleh mahasiswa S3 Psikologi Pendidikan Islam (PPI UMY). Sebagaimana disampaikan pula oleh Ketua Program Pascasarjana UMY. Dalam sambutannya, Sri Atmaja P. Rosyidi, ST., MSc.Eng., Ph.D., PE mengungkapkan rasa senangnya karena Prof. Martha bisa datang dan menjadi pembicara dalam acara tersebut. Sri Atmaja juga berharap agar para mahasiswa S3 PPI UMY dapat memberikan output berupa penulisan jurnal internasional.

Selain itu, Dr. Kardimin, M. Hum (center UIN) yang pada kesempatan ini juga turut membantu menyelenggarakan acara ini mengungkapkan bahwa pelatihan ini memiliki tujuan untuk memberikan wawasan baru mengenai pola pikir internasional (international mind), memberikan wawasan dalam bahasa inggris, baik lisan maupun tulisan. “Harapannya agar mahasiswa bisa memiliki kesiapan secara matang untuk bisa berkompetisi di tingkat global. Salah satunya dengan berbahasa Inggris, maupun menulis jurnal bahasa Inggris, sehingga dengan begitu dapat memberikan inspirasi bagi mahasiswa lainnya,” imbuhnya. (darel)