Reuni dan Munas V KAUMY

Desember 26, 2012 oleh : BHP UMY

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta sebagai salah satu lembaga pendidikan di Yogyakarta, merupakan rujukan bagi para calon mahasiswa yang hadir untuk menimba ilmu. Pada tahun ajaran 2012/2013 saat ini sebanyak 13.356 mahasiswa tercatat sebagai mahasiswa aktif UMY. Dan selama 32 tahun UMY berdiri telah mampu mencetak sarjana sebanyak kurang lebih 30 ribu sarjana yang tersebar di seluruh Indonesia.

Jumlah para Alumni UMY yang cukup besar ini diwadahi oleh organisasi alumni yang bernama Keluarga Alumni Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (KAUMY). Anggota KAUMY saat ini menduduki banyak posisi penting, dari Anggota DPR RI, Wakil Bupati, Anggota DPRD dan executive di berbagai perusahaan Multinasional. Selain itu, banyak pula Anggota KAUMY yang menjadi pengusaha, bahkan mampu memiliki korporasi usaha.

Guna menjalin silaturrahmi antar Anggota KAUMY inilah pada setiap 3 tahun sekali selalu diselenggarakan Reuni antar alumni yang disertai dengan acara Musyawarah Nasional KAUMY. Untuk tahun ini Reuni Akbar dan Munas V KAUMY ini akan diselenggarakan pada 28 – 30 Desember 2012 bertempat di Kampus Terpadu UMY.

Kegiatan Reuni dan Munas KAUMY V ini akan diawali dengan Orasi Budaya yang akan disampaikan oleh Pimpinan Pusat Muhammadiyah Prof. Dien Syamsuddin. Orasi budaya ini dimaksudkan sebagai sebuah refleksi diri Muhammadiyah sebagai Ormas yang memiliki amal usaha pendidikan. Refleksi dimana hasil pendidikan Muhammadiyah mau tidak mau akan menjadi aset besar bagi bangsa ini.

Selanjutnya pada Reuni dan Munas V KAUMY ini juga akan diadakan Sarasehan antar Alumni, dengan tema Keluarga Alumni antar Harapan dan Kenyataan. Hal ini mempertanyakan eksistensi keluarga alumni yang sebenarnya di mata para anggotanya. Panelis yang akan berbicara pada diskusi ini antara lain Nasrullah (anggota Bawaslu RI), Mursyida Rambe (Direktur BMT Bringharjo), Hermayani Putera (Aktivis WWF) dan Alumni UMY terbaik Lolita Deby Mahebdra Putri, S.IP dari progam studi Ilmu Pemerintahan yang lulus pada Oktober 2012. Mereka yang menjadi panelis ini selain Lolita, adalah mereka yang telah dianggap berhasil karena mampu mensupport beberapa alumni UMY lainnya untuk merengkuh masa depan mereka.

Pada Hari Kedua Reuni dan Munas V KAUMY akan diselenggarakan Munas V KAUMY. Pada acara Munas ini juga akan dipilih Ketua KAUMY periode mendatang 2012-2015. Munas V ini akan dihadiri oleh Komisariat Fakultas dan Pengurus Pusat, selain itu juga dihadiri oleh Pengurus Daerah dan Cabang KAUMY dari seluruh Indonesia.

Diakhir Acara Reuni dan Munas V ini akan digelar Alumni Nite sebagai ajang silaturrahmi dan temu kangen antar alumni dan juga para dosen. Alumni Nite akan diisi dengan acara musik dari UKM Musik dan Doorprize dari alumni untuk Alumni.