Rektor Beri Apresiasi Dua Jurnal Internasional Fakultas Pertanian UMY

April 7, 2018 oleh : BHP UMY

Rektor UMY, Dr. Ir. Gunawan Budiyanto, MP memberikan apresiasi kepada Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (FP UMY) atas berhasilnya dua jurnal internasional mereka yang sudah terakrditasi pada Jumat (6/4). Akreditasi yang diraih oleh Kedua jurnal yang mereka kelola yakni Agraris dan Plantatropika, adalah predikat B.

Menurut Gunawan menjadi seorang tenaga pengajar yaitu dosen, harus bisa melakukan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Pertama adalah Pendidikan dan pengajaran, kedua penelitian dan pengembangan, dan yang terakhir adalah pengabdian masyarakat. “UMY sangat mengapresiasi dosen yang melakukan penelitian yang memang sudah menjadi bagian dari Tri Dharma perguruan tinggi,” ujarnya. Sejumlah uang pembinaan sebesar 25 juta rupiah juga diberikan UMY kepada masing-masing jurnal.

Proses panjang dan melelahkan yang dilakukan guna mendapatkan hasil yang maksimal kepada kedua jurnal tersebut cukup membuat Indira Prabasari selaku Dekan Fakultas Pertanian senang. “Sebenarnya untuk Jurnal Plantatropika memang pernah terakreditasi, namun karena ada peraturan baru sehingga perlu untuk dilakukan pengajuan kembali. Permasalahan yang terjadi adalah Open Journal System (OJS), sedangkan manajemen jurnal kami masih konvensional sehingga untuk mengubahnya ke sistem online memakan waktu dan tenaga yang cukup banyak,” ujarnya.

Selain itu, nomor Surat Keputusan (SK) yang dikeluarkan oleh Kementrian Riset dan Teknologi Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) telah keluar pada bulan Oktober 2017, namun pihaknya mendapatkan SK pada bulan Januari 2018.

Chandra Kurnia Setiawan dosen FP UMY yang menjadi salah satu anggota tim jurnal mengatatakan bahwasannya proses ini belum berakhir. “Walaupun jurnal ini sudah mendapatkan akreditasi dari Kemenristekdikti kedepannya harus bisa mencapai Scopus” imbuhnya.

Kedua jurnal ini dapat diakses secara online melalui doaj.org dan journal.umy.ac.id. (ak)