Rayakan Milad ke 19 Tahun, DC UMY adakan Donor Darah

Agustus 31, 2016 oleh : BHP UMY

IMG_9986

Unit Kegiatan Mahasiswa Drum Corps UMY (DC UMY) mengadakan kegiatan donor darah bagi kalangan civitas akademika UMY dan masyarakat sekitar di ruang kelas E1.001 Kampus Terpadu UMY, pada Rabu (31/8). Hingga pukul 10.00 WIB pagi tadi sudah ada 11 pendonor yang mendonorkan darahnya. Kegiatan Donor Darah ini merupakan rangkaian acara Milad ke 19 tahun DC UMY.

Antusias masyarakat UMY khususnya civitas akademika UMY cukup besar. Diprediksi akan lebih banyak lagi pendonor yang akan datang hingga ditutup pukul 12.00 nanti. Afifatul Khasanah selaku Ketua Panitia Milad DC UMY menyatakan optimis dengan kegiatan donor ini. “Donor darah ini telah kami mulai dari jam 09.00 tadi. Kami sudah menyebarkan leaflet ke berbagai jurusan dan sudah menyebarkan poster di sosial media, mudah-mudahan pendonor semakin banyak yang datang,” tuturnya.

Penyelenggaraan Donor Darah ini merupakan kerja sama dengan Palang Merah Indonesia(PMI) Kota Yogyakarta. Darah yang terkumpul nantinya juga akan diserahkan langsung ke PMI Kota Yogyakarta. Namun demikian tidak semua pendonor darah dapat mendonorkan darahnya. Pendonor harus memenuhi persyaratan diantaranya yaitu memiliki berat badan minimal 50kg, umur di atas 17 tahun, memiliki tekanan darah distolik 110/70 mmHg dan sistolik 160/100 mmHg, dan tidak mengonsumsi obat selama lima hari terakhir.

Afifatul menambahkan selain mengadakan donor darah, Rangkaian Milad DC UMY juga terdiri dari Coaching Clinic, Kegiatan Bhakti Sosial dan juga Malam Puncak. “Ada dua kegiatan lain dalam Milad kali ini, yaitu Coaching Clinic dan Bhakti Sosial. Coaching Clinic kami adakan bagi Sekolah Dasar yang mempunyai ekstrakurikuler Marching Band atau Drum Band. Sekolah yang kami kunjungi yaitu SD Muhammadiyah Pepe dan SD Muhammadiyah Sukonandi. Juga ada kegiatan Bhakti Sosial di Panti Asuhan Bina Siwi, Bantul. Selain itu, Malam Puncak Milad kami adakan tanggal 3 September besok,” tambahnya.

Milad ke 19 DC UMY kali ini mengajak masyarakat umum untuk mengenal DC UMY. Sebagai Unit Kegiatan Mahasiswa Marching Band, DC UMY ingin hadir di tengah-tengah masyarakat. Seperti dinyatakan Afifatul, “Momen Milad kali ini sebagai bentuk syukur DC UMY telah berusia 19 tahun. Kami ingin memperkenalkan DC UMY ke masyarakat umum, jadi kami mengadakan serangkaian kegiatan Milad yang berhubungan dengan masyarakat secara langsung,” papar Afif. (bagas)

Sharing is caring!