Ramadhan Di Kampus Semarakkan Bulan Puasa Di UMY

Mei 31, 2017 oleh : BHP UMY

Untuk menyemarakkan bulan Ramadhan tahun 1438 Hijriyah kali ini, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) menyelenggarakan serangkaian agenda dengan tema ‘Ramadhan di Kampus’. Kegiatan yang berpusat di Masjid KH Ahmad Dahlan UMY ini diinisasi oleh Lembaga Pengkajian dan Pengamalan Islam (LPPI) UMY dan Takmir Masjid KH Ahmad Dahlan UMY bekerja sama dengan Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) UMY, Jamaah Al-Anhar (JAA) UMY dan Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) UMY sebagai pelaksana kegiatan.

Feri Fauzi, mahasiswa Teknik Elektro UMY angkatan 2014, selaku ketua panitia pelaksana menjelaskan bahwa kegiatan Ramadhan di Kampus ini merupakan kegiatan rutin yang diadakan setiap tahunnya oleh UMY. “Untuk rangkaian agenda Ramadhan tahun ini, kami membagi kegiatan-kegiatannya menjadi 2 bagian. Kegiatan pra-Ramadhan sebagai persiapan menghadapi bulan Ramadhan yaitu kajian Ramadhan ba’da dzuhur yang kami adakan sebanyak 3 kali dari tanggal 22 sampai 24 Mei, lalu kegiatan selama bulan Ramadhan seperti berbuka bersama, sholat tarawih, sahur bersama dan juga i’tikaf sebagai agenda penutup,” jelas Feri saat diwawancarai tim BHP pada Selasa (30/5).

Rangkaian kegiatan dari agenda ‘Ramadhan di Kampus’ tersebut kemudian dijelaskan oleh Feri secara lengkap. Diawali dengan Kajian Pra-Ramadhan ba’da dzuhur pada 22 Mei-2 Mei, kemudian dilanjutkan dengan Kuliah Ramadhan ba’da dzuhur sejak 27 Mei sampai 21 Juni (1-26 Ramadhan). Kemudian pada 27 Mei hingga 15 Juni (1-20 Ramadhan) beragam kegiatan dilaksanakan seperti Kajian Sebelum Buka Puasa, Tarawih dan Tadarus Al-Qur’an, Klinik ZIS (Zakat Infak Shodaqoh) bersama LAZISMU, dan Sahur Bersama. Selain kegiatan rutin tersebut, Feri juga menambahkan ada 2 agenda besar yang diadakan pada Ramadhan tahun ini yaitu santunan untuk anak yatim yang akan dilaksanakan pada 11 Juni (16 Ramadhan) dan juga shalat tahajud bersama yang dilanjutkan dengan sahur bersama pimpinan universitas pada 15 Juni (20 Ramadhan) mendatang. Rangkaian kegiatan ini kemudian akan ditutup dengan I’tikaf pada 16 sampai 20 Juni mendatang.

Rangkaian agenda ‘Ramadhan di Kampus’ ini diselenggarakan dengan tujuan meramaikan masjid dengan kegiatan-kegiatan positif untuk civitas akademika UMY. “Pengurus LPPI ingin menjadikan momentum bulan Ramadhan ini sebagai ajakan bagi teman-teman yang belum biasa maupun yang sudah biasa ke masjid agar lebih familiar dengan masjid. Selain itu juga untuk menyatakan bahwa masjid bukan tempat yang monoton untuk beribadah (sholat, membaca Al-Qur’an), tapi masjid juga sebagai tempat untk berkegiatan seperti belajar dan berdiskusi,” papar Feri.

Menanggapi hal tersebut, antusiasme mahasiswa ternyata cukup besar dalam merespon kegiatan-kegiatan yang diadakan. Hal tersebut juga terlihat sejak sore hari masjid KH. Ahmad Dahlan UMY sudah diramaikan oleh mahasiswa-mahasiswa yang sedang mengikuti kegiatan menjelang berbuka puasa, seperti kajian tahsin atau membaca Al-Qur’an. “Alhamdulillah, respon teman-teman sangat baik, ini bisa dilihat dari peserta kegiatan kajian sebelum buka, buka bersama dan juga sahur bersama yang sangat banyak. kami sempat kewalahan di awal Ramadhan karena tidak menyangka bahwa pesertanya akan melebihi perkiraan, namun kami akan berbenah agar dapat memaksimalkan pelayanan untuk teman-teman,” tutup Feri. (raditia)