Raih Sukses dengan terampil Berkomunikasi

September 22, 2010 oleh : BHP UMY

Keterampilan komunikasi merupakan salah  satu cara untuk meraih kesuksesan. Ketika sedang meniti karier seseorang tidak hanya harus pandai dalam kemampuan manajemen tetapi juga harus meningkatkan kemampuan komunikasinya dengan orang lain, baik di dalam maupun luar organisasi. Karena melalui komunikasi efektif nantinya akan dapat meningkatkan kinerja seseorang yang akan berdampak positif bagi perkembangan organisasi yang diikutinya.

Demikian disampaikan Kepala Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Endro Dwi Hatmanto, SP.d, MA. di Kampus Terpadu Rabu (8/9) saat berbicara mengenai buku yang ditulisnya ‘Pintar Komunikasi Lancar Rejeki’.

Dalam pemaparannya, ketika komunikasi tidak berjalan dengan baik atau efektif seringkali akan menimbulkan permasalahan. Misalnya dalam sebuah organisasi ketika melakukan rapat untuk mengambil sebuah keputusan, seringkali para anggota organisasi saling berdebat mempertahankan pendapat masing-masing. “Tetapi tidak mau mendengarkan pendapat anggota lainnya karena mereka hanya berbicara namun tidak belajar mendengar. Kemudian setiap anggota rapat cenderung menyerang pendapat anggota lainnya.”jelasnya.

Hal ini menurut Endro disebabkan karena kurang efektifnya komunikasi yang terjalin dimana kompetensi atau kemampuan untuk mendengar tidak banyak dilatih. “Seharusnya terjadi dialog yang efektif, setiap anggota organisasi saling mengungkapkan pendapat masing-masing. Tiap anggota juga harus mendengarkan pendapat anggota lainnya.“ujarnya.

Ketika disinggung mengenai kecenderungan orang untuk mengungkapkan kritik, menurut Endro, mengkritik orang lain bukan hal yang dilarang, tetapi kritik tetap harus diletakkan pada tempat semestinya. Ketika terjadi saling mengkritik produktifitas berfikir menjadi tidak terbangun. Harus terjadi komunikasi yang kolaboratif dimana setiap individu tidak hanya saling mengkritik tetapi juga saling memberikan solusi, ide-ide kreatif untuk kepentingan organisasi tersebut.”urainya.

Endro menambahkan untuk membangun sebuah strategi komunikasi yang efektif harus dibangun atmosfer organisasi yang baik. Salah satunya dengan meminimalisir permasalahan yang terjadi pada karyawan. Karena permasalah yang terjadi dapat mengganggu jalannya organisasi. “Ketika atmosfer organisasi sudah terbentuk, nantinya dapat menghasilkan individu organisasi yang mampu berfikir  kreatif, inovatif serta produktif dalam berkarya untuk mengembangkan organisasi.”tegasnya.

Terkait dengan penulisan buku tersebut Endro mengaku buku tersebut ditulis berdasarkan pengalaman-pengalaman organisasi yang telah diikutinya. “Berdasarkan pengalaman berorganisasi, saya menemukan beberapa permasalahan yang seringkali timbul karena kurang efektifnya dalam berkomunikasi maka kemudian saya menuliskan buku ini utuh waktu selama dua tahun untuk menyelesaikan buku setebal 302 halaman ini,”tambahnya.

Dalam buku tersebut Endro menuliskan berbagai upaya dalam membentuk atau membangun komunikasi efektif itu seperti apa. Mulai dari rahasia berkomunikasi secara efektif, menjadi pendengar yang sukses, bagaimana agar menjadi komunikator yang baik maupun bagaimana cara mengkritik. Ia berharap melalui buku tersebut orang akan mampu meningkatkan kemampuan dalam berkomunikasi dengan orang lain baik di dalam maupun luar organisasi.

Sharing is caring!