Raih Gelar Doktor, Mahasiswa PPI UMY Teliti Interaksi Guru-Siswa Dalam Membangun Karakter

Agustus 14, 2019 oleh : BHP UMY

Dalam melaksanakan proses pendidikan di sekolah, guru sering berhadapan dengan masalah perilaku siswa. Perlakuan guru dalam menangani perilaku siswa juga sering mendapat sorotan. Berdasarkan hal tersebut Dewi Purnama Sari mahasiswa Program Doktor Psikologi Pendidikan Islam (PPI) Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), melakukan meneliti disertasinya dengan berjudul ‘Interaksi Guru-Siswa Dalam Membangun Karakter’.

“Pada penelitian kami ini, bertujuan untuk mengungkapkan bagaimana interaksi guru dan siswa dalam membangun karakter. Untuk mengungkapkan bagaimana interaksi guru dan siswa dalam membentuk karakter, peneliti melakukan wawancara mendalam dengan guru dan siswa yang ditetapkan berdasarkan kriteria, yaitu guru dan siswa yang mengalami fenomena interaksi dalam proses pembentukan karakter,” ujar Dewi saat melakukan Sidang Terbuka Promosi Doktor Rabu (14/8) di Gedung Pascasarjana Kampus Terpadu UMY.

Kemudian Dewi juga mengungkapkan jika interaksi guru dalam mengajarkan nilai-nilai agar siswa memiliki pengetahuan tentang kebaikan dilakukan melalui nasihat, evaluasi, dan cerita. Siswa dipanggil secara pribadi, menunggu emosinya tenang, mengajaknya bicara, menanyakan alasan melakukan dan meminta menilai sendiri perbuatan yang dilakukannya, menjelaskan bagaimana seharusnya menghadapi masalah, menjelaskan bagaimana cara bersikap atau bertingkah laku tepat, serta memberikan pengertian.

“Interaksi guru dalam membiasakan siswa agar melakukan kebaikan adalah interaksi yang berupaya secara konsisten dan terus menerus membimbing siswa dengan selalu memantau dan mengingatkan, menyediakan lingkungan yang memberi peluang untuk berkembang karakter yang baik, serta memberi penghargaan setiap melakukan kebaikan,” ungkapnya lagi.

Untuk itu, Dewi berharap agar penelitiannya tersebut dapat bermanfaat untuk dijadikan bahan informasi bagi guru dan pihak terkait dalam membangun karakter siswa, serta menjadikan pertimbangan interaksi guru-siswa sebagai salah satu pendekatan alternatif pendidikan karakter di sekolah.

Berkat disertasinya tersebut, Dewi Purnama Sari dinyatakan lulus dan menjadi Doktor ke-80 Program Doktor PPI UMY Serta menjadi Doktor ke-101 yang diluluskan oleh UMY. (CDL)