Language Training Center UMY Terima Kunjungan dari SALYO

Oktober 17, 2017 oleh : BHP UMY

Sekolah Alam Yogyakarta (SALYO) SMP IT Alam Nurul Islam kembali berkunjung ke Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY). Acara tersebut dinamai sebagai “Kunjungan Edukasi”. Kunjungan tersebut mereka tujukan ke Language Training Center (LTC) atau Pusat Pelatihan Bahasa (PPB) UMY dalam rangka memberikan edukasi mengenai bahasa asing. Kunjungan dilaksanakan Selasa (17/10) di Gedung KH Mas Mansyur Kampus Terpadu UMY dan diikuti oleh sekitar 50 siswa dan 4 guru pendamping SMP SALYO.

Ust. Ardi selaku guru pendamping dari kunjungan tersebut mengatakan bahwa kegiatan ini sudah dilakukan semenjak tahun 2009 bekerjasama dengan UMY. “Kami memang sudah memiliki kerjasama yang cukup baik dengan UMY dalam hal ini. Semenjak tahun 2009 kami sering melakukan kunjungan kemari,” tuturnya.

Selain itu Ardi juga mengatakan bahwa pemilihan UMY sebagai tempat kunjungan edukasi dilatarbelakangi oleh sudah lamanya kerjasama yang terjalin antar keduanya. “Yang jelas karena memang hubungan antara UMY dengan kami sudah lama, selain itu juga jarak yang dekat antara sekolah kami dan UMY serta native speaker di UMY juga cukup bagus,” jawabnya ketika ditanya alasan memilih UMY sebagai tempat kunjungan.

Dalam kunjungan tersebut siswa-siswi diajak untuk berkeliling ke Laboratorium Bahasa dan beberapa unit UMY diantaranya American Corner (AmCor) dan Warung Perancis. Di American Corner siswa-siswi diajak untuk bermain bersama yang membuat suasana semakin meriah. Selain itu juga peserta diajak untuk selalu berkomunikasi menggunakan bahasa asing terutama bahasa inggris.

Peserta juga diberikan materi dari salah seorang native speaker bahasa spanyol PPB UMY yaitu Mr. Santiago Gonzales. Santiago mengatakan kepada peserta bahwa yang terpenting dalam berkomunikasi bukanlah kesempurnaan dalam mengucapkan sebuah kata, namun kemauan yang besar dalam rangka ingin berkomunikasi dan mempelajari budayalah yang menjadi kunci penting. Selain itu Santiago juga mengajarkan mengucapkan selamat pagi, siang dan sore menggunakan bahasa Spanyol. (zaki)

Sharing is caring!