Promosikan Bukit Klangon, KKN 071 UMY Pasang Wifi dan Website

September 4, 2017 oleh : BHP UMY

Kelompok Kuliah Kerja Nyata (KKN) 071 Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) yang berada di Wisata Bukit Klangon, Dusun Kalitengah Lor, Desa Glagaharjo, Cangkringan, Sleman membuat kemajuan di bidang teknologi. Dengan mengoptimalkan keberadaan internet, mereka membuat sebuah website untuk mempromosikan Wisata Bukit Klangon. Mahasiswa UMY ini merupakan mahasiswa angkatan 2014 yang melakukan program KKN di wilayah tersebut.

Asroni, ST selaku pelaksana kegiatan dan dosen pembimbing mahasiswa KKN 071 mengatakan ada dua program yang dilakukan di dusun tersebut yaitu pengoptimalan internet dan pengembangan website. “Untuk internet nanti kita akan kembangkan baik dari sisi fisik maupun bandwidth, sedangkan untuk website yang kita bangun sudah memiliki fitur booking dan bisa dikunjungi di www.wisataklangon.com,” jelasnya, saat dihubungi pada Senin (4/9).

Dalam kesempatan yang sama, Bangkit Dwi Susilo selaku Ketua KKN 071 UMY juga menambahkan bahwa ada beberapa alasan dari dipilihnya program pemasangan wifi dan pembuatan website di dusun tersebut. Selain karena sinyal yang cukup sulit di daerah tersebut, terdapat sebuah pariwisata yang juga belum begitu diketahui khalayak ramai. “Jadi di Dusun Kalitengah Lor ini memang sinyal cukup sulit. Jadi kami berinisiatif untuk memasang wifi dan pembuatan website untuk mempromosikan wisata bukit klangon,” tambahnya.

Pemilihan pembuatan website ini juga tak lepas dari keadaan zaman sekarang yang serba maju dan ketergantungan terhadap internet dan teknologi dalam kesehariannya. Maka dari itu dipilih website sebagai salah satu cara untuk mempromosikan pariwisata Bukit Klangon. “Sekarang ini zamannya serba online, dari situ kami berinisiatif membuat website untuk mempromosikan bukit Klangon supaya masyarakat mengetahuinya,” imbuh Bangkit.

Di dalam website tersebut, jelas Bangkit lagi, terdapat beberapa hal yang dimuat seperti sejarah singkat dari Bukit Klangon, galeri foto dan video, paket yang disediakan Bukit Klangon, kontak yang bisa dihubungi serta terdapat fitur booking, sehingga untuk memasuki Wisata Bukit Klangon bisa melakukan pemesanan tiket secara online. Dalam pengerjaannya Bangkit mengatakan untuk proses pemasangan wifi teamnya dibantu oleh pihak yang yang berkompetensi untuk pemasangan tower.

“Kami membagi tugas untuk memantau dan membantu pengerjaan pemasangan tower serta memberikan pengarahan tentang penggunaan wifi kepada pengelola wisata Klangon. Sedangkan untuk proses pembuatan website, sebelumnya kami juga telah melakukan observasi, dan wawancara dengan pengelola Klangon untuk mendapatkan berbagai informasi tentang wisata Klangon. Setelah data terkumpul, kami mulai membuat website tentang wisata Klangon tersebut. Kami juga diibantu oleh salah satu mahasiswa senior kami dari Teknik Informatika dalam pembuatan website tersebut,” jelas Bangkit lagi.

Bangkit berharap untuk kedepannya dengan adanya wifi dan website tersebut Wisata Bukit Klangon bisa lebih diketahui dan dikenal oleh masyarakat luas. “Bagi masyarakat yang belum mengetahui dan hendak mencari spot untuk liburan atau berwisata bisa melihat informasi mengenai Bukit Klangon di website www.wisataklangon.com. Dan kami berharap, Wisata Bukit Klangon ini bisa menjadi salah satu rekomendasi bagi masyarakat yang ingin berkunjung ke tempat wisata di daerah Sleman,” tutupnya. (zaki)

Sharing is caring!