PROGRAM STUDI ILMU KEPERAWATAN (PSIK) UMY Panen Prestasi Regional, Nasional & International

Desember 3, 2016 oleh : BHP UMY

international-conference

Akreditasi A terus memotivasi civitas akademika Program Studi Ilmu Keperawatan (PSIK) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) untuk terus berprestasi. Selama bulan November 2016, PSIK UMY menuai banyak prestasi baik mahasiswa maupun dosen. Pencapaian prestasi ini tidak terlepas dari kerja keras civitas akademika dalam mempersiapkan mahasiswa, alumni dan dosennya untuk aktif berprestasi di bidang akademik maupun non akademik pada tingkat Regional, Nasional maupun Internasional.

Seperti yang telah disampaikan oleh Wulan Noviani, S.Kep., Ns., MM selaku koordinator Kemahasiswaan Promosi dan Alumni (KPA) PSIK UMY mengatakan bahwa para mahasiswa telah didorong untuk terus berprestasi sejak menjadi mahasiswa baru PSIK. “Cara kami dalam menanamkan motivasi kepada mahasiswa adalah untuk selalu berusaha memberikan yang terbaik, selalu aktif dan kreatif serta berani mengambil resiko dengan cara menangkap setiap peluang yang ada untuk dapat mengembangkan potensi serta minat bakat yang dimiliki untuk berprestasi. Mahasiswa PSIK UMY juga rutin mendapatkan training soft skill yang dapat meningkatkan kemampuan caring, public speaking, altruisme, leadership, komunikasi, kerjasama dan tanggung jawab. Kami selalu berusaha memfasilitasi semua kegiatan kemahasiswaan serta menumbuhkan semangat berprestasi untuk semua civitas akademika PSIK UMY,” ujarnya, saat diwawancarai pada Sabtu (3/12).

Adapun sejumlah prestasi mahasiswa yang diraih oleh PSIK UMY diantaranya yaitu Juara 1 dan Juara Favorit Lomba Video Edukasi Tingkat Nasional dalam acara Nursing Scientific Festival (NSF) di Universitas Brawijaya Malang, yang mana diikuti program studi ilmu keperawatan negeri ternama. Juara 1 Olimpiade Keperawatan Nasional dalam acara “Self Achievement through the Theory and Practice” di Universitas Jendral Soedirman Purwokerto dari 30 tim dari Institusi Pendidikan Keperawatan negeri maupun swasta. Juara 2 Lomba Asuhan Keperawatan“ Emergency Heart Disease” dan Juara 2 Lomba Dance“Intervention for Emergency Heart Disease”dalam acara Nursing Student Weekse-DIY di Stikes Jendral Ahmad Yani, serta Juara 2 “Women Futsal Cup” tingkat Regional se-UMY.

Wulan melanjutkan salah satu upaya khusus yang dilakukan prodi untuk menumbuhkan semangat mahasiswa yang telah dan belum mendapatkan prestasi adalah dengan memberikan sertifikat penghargaan khusus kepada yang berprestasi sebagai bentuk apresiasi dan penular semangat bagi mahasiswa lainnya. Sertifikat ini diberikan pada saat kegiatan seminar motivasi. Selain itu, mempersiapkan lulusan yang berkualitas juga tidak luput dari perhatian PSIK UMY. “Training job hunting menjadi salah satu upaya kami mempersiapkan lulusan Ners baru untuk memiliki keunggulan bersaing (competitive advantages)sehingga mampu bersaing di dunia kerja. Kegiatan ini juga melibatkan partisipasi alumni PSIK UMY dengan cara berbagi pengalaman kerja serta strategi dalam menghadap dunia kerja” lanjutnya.

Selain prestasi yang diperoleh mahasiswa, PSIK sangat berbangga dengan prestasi dosen PSIK UMY yaitu Fitri Arofiati, S.Kep., Ns., MAN., Ph.D yang berkesempatan menjadi invitation keynote speaker dalam acara 6thInternational Conference of Nurses (6th ICONs) di Cebu Normal University, Philippines dengan tema Nurses: A Force for Change Improving Health Systems Resilience through Research” pada tanggal 24 November 2016 lalu. Kegiatan conference ini diikuti oleh 253 peserta dari berbagai institusi pendidikan keperawatan di Filipina dan Indonesia. “Alhamdulillah pada kesempatan itu, Wulan Noviani juga mendapatkan posisi terbaik ke tiga podium presentation kategori Professional Nurse dalam acara 6th ICONs tersebut”.

“Semoga ke depannya PSIK UMY semakin berjaya dan sebagai promosi Ilmu Keperawatan dari Perguruan Tinggi Muhammadiyah yang terakreditasi A sehingga dapat bersaing dan sejajar dengan Ilmu Keperawatan dari Perguruan Tinggi Negeri. Karena jika dilihat dari kualitas proses pembelajaran, kurikulum, sarana prasarana, kerjasama, mahasiswa, sumber daya dosen dan karyawan, Alhamdulillah kami sudah unggul. Ini sebagai modal kami untuk mendorong mahasiswa, dosen maupun civitas akademika lainnya untuk terus meningkatkan kualitas dalam segala bidang,” harap Wulan.

Selain itu, Sri Sumaryani, Ns., M.Kep., Sp. Mat., Kaprodi Ilmu Keperawatan UMY menambahkan bahwa PSIK UMY juga mencetak beberapa prestasi dalam hal lainnya, seperti Himpunan Mahasiswa Ilmu Keperawatan (HIMIKA) bekerjasama dengan Ners Baru PSIK UMY yang aktif melaksanakan Talkshow Continuing Nursing Education (CNE) dengan tema “Penerapan Jenjang Karir Keperawatan dalam Peningkatan Mutu, Kompetensi, dan Kesejahteraan Perawat Indonesia”. Pembicara CNE tersebut antara lain Dr. Ati Surya Mediawati, S.Kp., M.Kes (Kasubdit Bina Pelayanan Keperawatan Kemenkes 2012-2015); Harif Fadillah, S.Kp., SH., MH (Ketua Umum DPPI PPNI periode 2015-2020); Niken Dharmawati Cahyaningsih, S.Kep., Ns (Kasi Rawat Inap Bidang Pelayanan Keperawatan RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta) dan moderator dosen PSIK UMY Fitri Arofiati, S.Kep., Ns., MAN., Ph.D. “Dalam acara Pelantikan Sumpah Ners angkatan ke-23 beberapa waktu yang lalu, PSIK UMY juga berbagai meraih prestasi sebagai Peraih rerata Terbaik Pertama se-Regional VIII DIY Uji Kompetensi Ners Indonesia (UKNI) untuk kategori jumlah peserta 81 orang ke atas, serta memperoleh Rerata Terbaik ke-empat tingkat Nasional untuk UKNI kategori jumlah peserta 81 orang ke atas setelah Universitas Udayana, Universitas Andalas, Universitas Airlangga,” imbuh Sri. (hv)