Program Green Campus 2017, Langsung Libatkan Mahasiswa

April 1, 2017 oleh : BHP UMY

Sebagai bentuk kepedulian Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) dalam mengurangi pemanasan global, pada peringatan Milad UMY ke-36, UMY mengadakan program Green Campus yang dikemas dalam bentuk media kompetisi Green Campus 2017. Program yang telah dilaksanakan sejak bulan Februari lalu, dilaksanakan dalam tiga bentuk kegiatan yang langsung melibatkan mahasiswa UMY. Hal tersebut yang disampaikan oleh Ir. Agus Nugroho Setiawan, M.P selaku Kepala Lembaga Pengembangan Kemahasiswaan dan Alumni (LPKA) UMY, saat memberikan sambutan pada penilaian final para finalis yang telah lolos Kompetisi Media Publikasi Green Campus 2017.

“Program Green Campus dengan melibatkan mahasiswa UMY secara langsung ini, diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan sampah di kampus. Beberapa program yang telah dilaksanakan yaitu Aksi Green Campus yang dibantu dari beberapa UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa, red). Pada program ini, peserta diberi pelatihan dan implementasi terkait pemanfaatan sampah organic, penanaman tanaman produktif, serta penghijauan area kampus. Sedangkan program kedua yaitu lomba media green campus, yang pada kesempatan ini telah terpilih masing-masing 5 finalis dari lomba poster dan video pendek,” jelas Agus, Kamis (30/3) di Ruang Sidang AR Fachruddin A lantai 5.

Pada sambutan yang dihadiri oleh 5 juri dan para finalis tersebut, Agus menjelaskan bahwa dengan diadakan lomba media publikasi green campus tersebut diharapkan dapat menumbuhkan rasa memiliki bagi mahasiswa UMY, dalam mendukung kegiatan dan kebijakan UMY. “Kompetisi ini dapat menggugah semangat para mahasiswa, untuk menciptakan lingkungan kampus UMY yang asri, nyaman, dan berkelanjutan. Pada kesempatan ini para finalis akan dinilai dari kesesuaian tema, yang bukan hanya berlaku di kampus, namun juga bagi kehidupan masyarakat sekitar,” ujarnya.

Selain penilaian yang sesuai dengan tema “Selamatkan Bumi dengan Gaya Hidup Ramah Lingkungan,” Agus yang sekaligus juri kompetisi tersebut juga menambahkan bahwa nilai yang disampaikan turut menjadi pertimbangan. “Kami ingin melihat bagaimana komunikasi yang disampaikan di dalam poster maupun video pendek yang dibuat, harus memiliki pesan yang kuat. Selain itu orisinal ide, kreatifitas, dan estetika atau keindahan karya ini menjadi penilaian yang penting,” paparnya.

Adapun para pemenang lomba media publikasi green campus 2017 kategori poster yaitu juara I diraih oleh Asep Rohmatulloh dengan judul “Biking Is Better! Burn Fat, Not Fuel!” juara II oleh Dea Irfanda Khoirul A berjudul “Gunakan Air Secukupnya,” juara III yaitu Siham Madihah berjudul “Membuang Sampah Pada Tempatnya,” harapan I oleh Aji Prasidha berjudul “Brighten Our Life,” sedangkan harapan II oleh Mohamat Arifin “Matikan Lampu.” Sementara pada kategori video pendek, juara I diraih oleh Widya Puspitasari yang berjudul “UMY Green Youth Generation,” juara II oleh Iqbal Ariefurrahman berjudul #ILM TVC Joker, juara III oleh Roni Nur Raditya berjudul “Kurangi Polusi Udara, Mari Bersepeda!” harapan I diraih Syukran Madel berjudul “Buang Sampah Pada Tempatnya,” sedangkan harapan II oleh M. Rizki Rahmadani yang berjudul “Save Our Environment.”

Para pemenang tersebut akan mengikuti program ke tiga pada green campus award yang diawali dengan panen perdana tanaman hasil budidaya hidroponik. Selain itu, green campus award akan melaunching kompos hasil karya mahasiswa. “Semoga kegiatan yang sangat bermanfaat ini dapat berkelanjutan, dan diharapkan dari diadakannya kompetisi ini para peserta, pada khususnya dapat meresapi pesan yang disampaikan,” tutup Agus. (hv)