Program Doktor Bukti Kualitas Perguruan Tinggi

Kualitas suatu perguruan tinggi dapat dilihat dari program-program pendidikan yang diselenggarakan di perguruan tinggi tersebut. Salah satunya dengan membuka program doktor, dan ini yang telah dibuktikan oleh Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) melalui program doktornya yang telah berhasil meluluskan dua orang doktor politik Islam dengan predikat cumlaude.

Hal ini disampaikan oleh Prof. Dr. Amien Rais, MA usai ujian promosi doktor Program Doktor UMY bertempat di Kampus Terpadu UMY, Kamis (22/3). Saat itu Amien bertindak sebagai penguji atas promovendus Mahmud Hamzawi Fahim Usman.

Amien mengungkapkan bahwa keberhasilan meluluskan mahasiswa bergelar doktor ini merupakan suatu prestasi yang luar biasa. “Prestasi seperti ini harus terus ditingkatkan karena UMY memiliki dosen serta sistem akademik yang berkualitas  dan dengan melahirkan doktor-doktor yang berkualitas dan berguna bagi masyarakat” ungkapnya.

Sementara itu, Dr. Ir. Gunawan Budianto, MP Direktur Pascasarjana UMY menambahkan untuk periode wisuda pada bulan Juni nanti Program Doktor UMY memiliki target untuk mewisuda empat orang doktor. “Setelah menluluskan dua orang doktor ini kami masih punya target dua calon doktor lagi yang akan di uji sehingga tahun ini kami dapat meluluskan empat Doktor dari UMY”. Tambahnya.

Gunawan berharap dengan meluluskan doktor politik Islam ini maka komitmen UMY sebagai salah satu perguruan tinggi Islam untuk mengembangkan khasanah politik Islam dapat diwujudkan. “Selama ini kajian-kajian politik keagaman di Indonesia masih cukup beragam maka dengan lulusan politik Islam UMY ini dapat menghasilkan pemikiran-pemikiran mengenai politik Islam yang baru dan lebih baik tentunya” harapnya.

© 2013 Universitas Muhammadiyah Yogyakarta | Created by Biro Sistem Informasi UMY | About the site