Program Co-op dan peningkatan kualitas lulusan pendidikan tinggi

Juli 6, 2012 oleh : BHP UMY

Peningkatan kualitas lulusan pendidikan tinggi untuk menjadi pribadi profesional, mandiri, dan mampu bersaing yang mampu bersaing dalam pemenuhan kesempatan kerja.

Demikian disampaikan Ketua Pelaksana program Cooperation Education Program (Co-op) UMY, Triyana, dalam program Peningkatan Kompetensi dan Skills Mahasiswa Melalui Kegiatan Cooperation Education Program Di Usaha Kecil dan Menengah, Kamis (28/06). Menurut Triyana, pemberdayaan mahasiswa bisa dilakukan dengan memberikan kesempatan kepada mereka untuk bekerja di salah satu Usaha Kecil dan Menengah (UKM) yang ada di Wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta, salah satunya melalui program Co-op

Program Co-op yang dilaksanakan oleh UMY bekerjasama dengan Direktorat Pendidikan Tinggi (Dikti) Repubik Indonesia dan sepuluh unit Usaha kecil dan Menengah (UKM) telah siap memberikan fasilitas pembelajaran bekerja bagi mahasiswa-mahasiswi UMY. Program Co-op yang dilakukan selama 4 bulan ini merupakan salah satu strategi pendidikan untuk meningkatkan kualitas Suber Daya Manusia (SDM) khususnya di Pendidikan Tinggi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY). Melalui program Co-op ini diharapkan mahasiswa akan memperoleh pengalaman kerja di perusahaan khususnya UKM.

Sigit menambahkan UMY telah mendapat kesempatan kerjasama dengan Dikti dan pihak UKM sudah tiga kali berturut-turut. “Kami sudah memenangkan program Co-op dari Dikti ini tiga kali berturut-turut pada tahun 2008, 2009 dan 2010. Dan pada tahun 2012 ini kami bisa memenangkannya lagi dengan mendapatkan 20 mahasiswa yang telah siap diterjunkan di beberapa unit UKM.” ujarnya.

Dua puluh mahasiswa yang terpilih adalah mahasiswa yang telah lolos seleksi psikotes dan wawancara, baik dari internal UMY maupun dari pihak UKM. Tes wawancara adalah untuk mengetahui motivasi dan kesiapan mental dari mahasiswa untuk memasuki dunia kerja, sedangkan psikotes dilakukan untuk mengetahui kemampuannya dalam menyelesaikan masalah-masalah yang timbul di dunia kerja.

Sejauh ini pihak CDC UMY juga telah melakukan beberapa persiapan untuk menerjunkan 20 mahasiswanya ke UKM di Wilayah DIY. Sejak awal program ini dilaksanakan, telah dilakukan sosialisasi pada mahasiswa, rekruitmen, kerjasama dengan pihak UKM, seleksi internal UMY dan dari UKM. Sementara itu, bulan Juli akan diadakan pembekalan bagi mahasiswa yang kemudian akan segera diterjunkan pada 10 UKM.

Sharing is caring!